Rabu, 28 Januari 2009

BERHENTI MENUNDA

Tulisan ini secara khusus saya tujukan untuk siswa-siswa SMART DAN HEBAT AL-BAYAN ISLAMIC BOARDING SCHOOL, sebagai komitmen saya untuk ikut membeeri semangat kepada mereka. Juga kepada siswa-siswa sekolah lain yang belum berkesempatan mengikuti pelatihan saya.

Mereka adalah generasi penerus cita-cita kejayaan bangsa, ditangan merekalah nanti kemilaunya negri ini. maka kewajiban saya, para pendidik, para orang tua dan yang terketuk hatinya untuk mendorong, memotivasi mereka. Namun begitu artikel ini dapat diaplikasikan oleh siapa saja yang ingin memperoleh kebahagiaan dan kesuksesan dalam hidup.

* * *
Seberapa hebat mimpi yang anda ingin capai?tapi betapa sulit untuk memulai melakukan aksi untuk mencapainya. Atau terkadang anda sudah memulai melakukan sesuatu pada awalnya dan lama kelamaan kehilangan stamina untuk melanjutkannya.

Kita semua tahu apa yang seharusnya dilakukan dalam hidup, seperti belajar untuk menghadapi ujian, tapi entah bagaimana kita tidak pernah tergoda untuk melakukannya ( MENUNDA) hingga kemudian terlambat. Kebiasaan menunda-nunda memang menjangkiti banyak orang.
Penundaan merupakan penyabot utama kesuksesan kita, maka segera hindari kebiasaan menunda-nunda itu.
Namun banyak orang merasakan kesulitan untuk membuang kamus menunda dalam hidupnya, meng off kan penundaan memang bukan sesuatu yang mudah, akan tetapi sangat mungkin sekali untuk diperjuangkan.

Nah berikut ini beberapa cara yang bisa dan harus dilakukan untuk berhenti menunda:

I. tuliskan segala rasa sakit yang mungkin akan anda alami jika menunda melakukan sesuatu (misalnya menunda belajar untuk tes / ujian). Sebagai contoh , mungkin ibu anda menjadi sakit karena shock mendengar kegagalan anda.
berikut contoh menuliskannya ;
Segala rasa sakit yang akan saya rasakan jika terus menunda bertindak (belajar):
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9


II. gunakan imajinasi, segala rasa sakit yang akhirnya benar-benar anda alami jika tetap menunda bertindak. Imajinasikan rasa yang sakit yang seolah-olah sudah terjadi, dengan sungguh-sungguh melihat apa yang akan dilihat, mendengar apa yang akan didengar dan merasakan apa yang akan dirasakan. Latihan ini dimaksudkan untuk mendorong emosi yang cukup untuk merubah sikap anda.

Contoh:
bayangkan anda punya nilai jelek dalam UAN. Lihat teman-teman dengan nilai tinggi. Rasakan penyesalan, kemarahan dan frustasi karena tidak belajar lebih awal. Rasakan kesedihan karena tidak bisa masuk perguruan tinggi yang diidamkan.
Dan visualisasikan diri sedang dimarahi orang tua dan guru, dipandang rendah oleh teman-teman sekelas dan adik-adik kelas. Ciptakan sebanyak mungkin rasa sakit dan buat rasa sakit kelihatan senyata mungkin.

Untuk latihan dan lakukan sekarang!
a. bayangkan akan seperti apakah hidup anda lima tahun dari sekarang sebagai akibat menunda-nunda. Buat scenario kemungkinan yang terburuk, kemudian bayangkan. Anda bisa melihat diri sendiri tidak punya pekerjaan, teman-teman menjauh atau menyesali sikap lama. Gunakan pandangan, suara dan perasaan untuk menciptakan pengalaman yang kelihatan nyata. (lakukan dalam 5 menit )

b. tanyakan pada diri sendiri mengapa anda melakukan penundaan? Dan anda mulai menyesali juga berharap bisa mengubah sesuatu ketika sudah terlambat., ciptakan konsekuensi yang menyakitkan pada diri sendiri sehingga anda bisa mengambil tindakan cepat sebagai ganti berharap anda bisa berubah.

III. Tulis semua perasaan atau pengalaman menyenangkan yang akan dinikmati jika anda bertindak secara konsisten (misalnya belajar dengan semangat secara konsisiten)
berikut cara menuliskannya;

Segala kesenangan yang akan saya peroleh dengan sikap baru:
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.



IV. point keempat ini adalah langkah terpenting dalam proses perbaikan diri anda. Sekali lagi gunakan imajinasi dan lihat diri sendiri seolah-olah sudah merasakan dan mengalami segala kesenangan yang menakjubkan akibat belajar lebih giat dan awal. Bayangkan sedang menerima hasil UAN dengan nilai yang diinginkan. Inilah tiket anda menuju kesuksesan dan kebahagiaan. Rasakan kepuasan. Nikmati kesenangan memiliki nilai bagus yang pantas anda dapatkan. Lihat nilai-nilai itu dengan mata kepala sendiri. Bayangkan kebahagiaan orang tua yang terpancar dari matanya, anda dipeluk oleh mereka berdua. Bayangkan teman-teman dan guru-guru memuji anda. Buatlah pengalaman itu senyata mungkin.

Sebagai latihan, dan lakukan sekarang juga:
a. sekarang bayangkan 5 tahun dari sejak anda belajar secara konsisten dan penuh semangat, anda bisa melihat diri sendiri keluar dari universitas terkemuka dengan prestasi gilang gemilang. Banyak perusahaan yang meminta anda untuk bergabung di dalamnya.buat ssenyata mungkin.

b. Kini lihat diri anda sepuluh tahun dari sekarang dalam pekerjaan/karier/bisnis yang terhormat yang anda nikmati. Buatlah pengalaman tersebut dengan berbagai macam sensasi menakjubkan. Senyata mungkin

V. ULANGILAH LANGKAH-LANGKAH TERSEBUT DI ATAS SETIAP HARI.
SELAMAT BERJUANG MERUBAH KEBIASAAN ANDA MENUNDA DENGAN SIKAP BARU YANG AKAN MENGUNTUNGKAN ANDA


MBAK NIEK
SALAM THE BEST
( THINK THE BEST ….DO THE BEST….LIFE THE BEST )

4 comments:

Assalamu'alaikum
wah bagus mbak materinya...
terus update ya blognya...

saya juga pendengar trijaya jogja...
pokoknya baguslah motivasi tiap pagi tu...
salam,

http://azinuddin.wordpress.com

a poem for gaza
(inspired by michael heart's song for gaza and the continuing crimes on earth)

they (people suffered by cruel regimes) will not go down

a hurting crash of tons of weapons
lit up the sky over many corners of the world, often
people running or fighting
not knowing when the justice can be theirs

regimes came with their tanks, planes, ak 47, cold heart soldiers
with burning doctrines, blood sucking apologies
and almost nothing remains
just the voice fighting back in the smoky haze

they will not go down
nowadays without a fight
regimes can burn their places to pray and their homes and their schools
but their spirit will never die
they will not go down
in every conflicted corners of the world, nowadays

women and children alike
murdered and massacred almost anytime when regimes attack
but the so-called leaders of "good" countries afar
debated on who's gonna be "richer" and "stronger"
but their powerless words were in vain
and the mass destruction weapons still being constructed

but through the tears, and the blood and the pain
we can still heart that voice through the smoky haze

they will not go down, in the night
without fighting back
regimes can burn their places to pray and their homes and their schools
but their spirit will never die
they will not go down
in every conflicted corners of the world, nowadays

ps: they love peace. they miss peace.

"we believe, someday (yes, someday) muslim and non muslims would live side by side with no fear and hatred. someday, the great beauty peaceful civilization would be exist again and bring rahmatan lil 'alamin (blesses for entire universe)..."

Assalamualaikum,
Mbak Niek nama saya ibu inti, biasa di panggil ibu najwa nama anak saya.Saat ini saya sedang cari usaha pegangan hidup/nafkah bukan sampingan loh…karena depannya masih amburadul, gitu.Berhubung saya baru pasang speedy,banyak yang saya lihat di internet, terutama yang ada situs/blog/unsur-unsur duitnya.Yang saya coba aadalah sejenis program asia bersama.com (sdh hampir dua bulan blm kelihatan hasilnya) ada juga MUSLIM PROMO.COM kalau mau gabung boleh juga tuh mbak rekomendasikan dong ke rekan-rekannya. Biar saya dapat download baru,biar saya sukses gitu. Nih data saya URL adalah : http://www.MuslimPromo.Com/?ref=5200.yang ini baru berjalan hampir 2 minggu,blm terlihat hasilnya.bagaimana menurut mbak niek saya ikuti yang begituan,baik atau tidak. saya orangnya penasaran klu blm dilaksanakan.
Mbak Niek saya berencana mau buka blog. Dan mau jualan busana muslimah boleh nggak saya jadi patnernya mbak, misalnya kirimi saya via e-mail koleksi/katalognya produk mbak.nanti saya setting keblog saya. Berikut daftar harganya dan diskonnya.ok
Bolehkah secara hukum saya men-scan produk orang lain untuk saya pasarkan via internet, tanpa ada kesepakatan kerja sama.toh kalau ada yang mau beli saya akan pesan ke dia. saya tunggu loh jawabanya. Sebelumnya salam sukses dan terima kasih banyak. Semoga kita diberkahi ALLAH SWT