Rabu, 10 Agustus 2011

SIKAP BERKUALITAS

     Kemenangan bukan semata-mata ditentukan betapa keras otot dan betapa tajam otak anda. Ada faktor lain selain otot dan otak.
Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat membuktikan itu. penelitian ini melibatkan atlit-atlit gulat. Dalam penelitian tersebut dilakukan pencarian penyebab kemenangan dan kekalahan atlit gulat yang memiliki kemampuan fisik setara dan dilatih dengan pelatihan standar yang hampir sama.
Dan hasil dari penelitian itu sungguh mencengangkan. ternyata bukan suatu perbedaan fisik yang berperan paling krusial dalam permainan yang mengakibatkan kemenangan maupun kekalahansang atlit dalam kompetisi.

Para penelliti menemukan bahwa para pemenang, lebih memiliki kesadaran dan lebih memiliki kontrol diri daripada mereka yang mengalami kekalahan.
Kontrol diri ini ternyata  menjadi sangat penting dalam menentukan keberhasilan dalam pertandingan. tidak hanya pertandingan dalam sebuah permainan olahraga, akan tetapi pertandingan-pertandingan lain yang lebih besar dalam kehidupan kita.
     Kontrol diri merupakan salah satu kunci yang mampu mengantarkan pemiliknya pada kecerdasan emosi yang menghasilkan ketenangan dan kearifan diri dalam menghadapi problematika kehidupan. SIKAP MENTAL BERKUALITAS, begitulah saya menyebutnya. Ketika kita memiliki sikap mental berkualitas maka, kita akan sampai kepada kemenangan sejati.
     Apakah anda tertarik memiliki SIKAP MENTAL BERKUALITAS?!  jika jawabannya tidak, jangan teruskan membaca, tapi jika jawabannya OK,anda bisa mencoba mempraktekkan beberapa pointer dibawah ini untuk menyongsong sikap mental berkualitas.
1. BERPIKIR, BERSIKAP DAN BERPRILAKU POSITIF
usahakannlah untuk menumbuhkan kebiasaan mengendalikan pikiran positif. Beri komentar yang positif dalam setiap percakapan dengan orang lain. Awali hari anda dengan berbicara positif pada orang terdekat anda. Pasangan terkasih anda, anak-anak anda tersayang, teman kerja anda dan orang-orang yang anda temui.
rubah kata-kata pesimistis yang selama ini anda gunakan dalam percakapan  dengan orang lain maupun dengan diri sendiri. beberapa kata-kata yang dibawah ini bisa anda jadikan sebagai contoh awal dalam perubahan menjadi optimistis:
kata-kata pesimis                                                       kata-kata pengganti yang optimistis
- saya bodoh                                                                 - saya harus banyak belajar
- saya tidak bisa                                                            - saya pasti bisa
- saya takut                                                                   - saya percaya
- sulit                                                                            - mungkin sulit, tapi pasti ada jalan keluar
- tidak berbakat                                                           - akan terus berlatih menigkatkan kemampuan saya
- ga pe de                                                                    - pe de aza lageeee
seorang ahli kimia yang menemukan lebih dari 325 manfaat kacang tanah, mengatakan "99% dari semua kegagalan berasal dari orang-orang yang punya kebiasaan berdalih." so mulai hari ini katakan yang optimis dan no excuse.

2. BERSIKAP DAN BERPRILAKU PRODUKTIF
barang siapa yang hari ini sama dengan kemarin maka merugi. yang lebih buruk dari kemarin celaka. maka penting bagi kita untuk selalu melakukan perubahan-perubahan walaupun kecil.
mulailah dengan menentukan kegiatan prioritas yang anda harus kerjakan hari ini. buat prioritas dan komitmen untuk menepatinya.

3. BERSIKAP DAN BERPRILAKU KONTRIBUTIF
kebesaran seseorang tidak ditentukan oleh seberapa besar yang diterima, akan tetapi ditentukan oleh seberapa besar yang dapat diberikan kepada orang lain. dan itulah kenikmatan hidup.
YUKS berbagi.....

THE BEST DAY

semoga bermanfaat
mbak NIEK












0 comments: