Selasa, 12 Februari 2013

MENINGKATKAN STAMINA JIWA

PENTINGKAH STAMINA JIWA untuk HIDUP KITA?
APA SIH MAKSUDNYA STAMINA JIWA itu?

Sahabat THE BEST....
Sama halnya dengan Tubuh kita yang diupayakan untuk bugar, sehat dan berstamina. JIWA kita juga harus dibuat berstamina.
Coba kalau kita pergi kepusat-pusat kebugaran, macam-macam latihan dilakukan agar tubuh menjadi lebih sehat, lebih segar, lebih bugar dengan kata lain lebih BERSTAMINA.
Nah, bagaimana dengan JIWA? 


Ketika kita ingin meningkatkan kualitas hidup menjadi lebih baik, maka kita memerlukan semangat. Dengan Semangat, jiwa yang layu menjadi segar, dengan semangat kerja yang berat menjadi ringan. Dikeseharian kita, bisa Anda lihat perbedaan orang yang hidup dsengan semangat dan orang yang menjalani hidup tanpa semangat. Terlihat bedanya bukan?
 Perhatikan!  ada orang yang memulai harinya dengan senyuman yang indah dan antusias, ada juga yang memulai harinya dengan sangat lesu. Tidak mudah memang memelihara semangat, apalagi ketika sedang dilanda masalah. Jadi sepertinya semangat itu datang dan pergi dari diri kita. Bahkan kebanyakan orang merasa semangat itu gampang perginya tetapi sulit datangnya.

Semangat hidup akan berkobar-kobar jika jiwa kita BERSTAMINA.
Are you with me?
Sahabats The Best....So apa yang harus dilakukan agar jiwa kita  menjadi berstamina?

1. SABAR
Satu kata diatas itu paling mudah diucapkan, namun buerat dipraktekkan. Hampir setiap kita mengalami kepahitan hidup, cobaan-cobaan atau sesuatu yang tak mengenakkan, maka kata SABAR akan jadi barang obralan.
"Sabar ya jeng....."
"Sabar ya mbak..."
"Orang sabar itu disayang  Allah lho..."
Dan akan ada yang membatin,"sabar....sabar....ngomong sih gampang..."
Nah mulai sekarang, ketika ada sahabat atau kerabat Anda yang mengucapkan "SABAR ya.." Berterima kasihlah, karena Sabar itu meningkatkan Stamina Jiwa Anda.
SABAR itu apa?
Selama ini kita mengartikan sabar itu dengan bersedia menderita, bersedia menerima perlakuan semena-mena dari orang lain, bersedia mengalah dan lain sebagainya. Sabar sering diekspresikan dengan mengurut dada.
Jadi Sabar itu.........
Sabar berarti terjadi keselarasan tempat antara tubuh dan pikiran, itu artinya menempatkan tubuh dan pikiran kita pada waktu dan tempat yang sama.
Contohnya begini : Dijalan dikota-kota padat kendaraan, hampir sering kita temui kemacetan. Apalagi saat hari hujan, Apa biasanya yang Anda alami? Bunyi bel (klakson) bersahut-sahutan. Mungkin Anda juga termasuk yang membunyikan klakson karena tidak sabar? saya berharap tidak demikian.
Ketika tubuh anda didalam mobil, dan pikiran Anda melesat ketempat lain, entah itu kerumah, kantor, mall dan lain-lain, itu berarti Anda sedang tidak sabar, karena terjadi ketidak selarasan tempat antara tubuh dan pikiran Anda.
Maka belajar sabar berarti belajar menikmati setiap episode hidup kita. Saat Anda berkendara, nikmatilah ssetiap detik ketika berada dalam kendaraan, merasakan cengkraman setir, menghayati injakan rem dan lainnya.
Saat tubuh anda ada ditempat saat ini dan pikiran Anda juga berada ditempat saat ini, maka ada ketenangan dalam diri Anda dan itulah SABAR, sebagai salah satu cara untuk meningkatkan STAMINA JIWA kita 


Bersambung......................

Salam The Best
semoga bermanfaat, silahkan tinggalkan komentar jika artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Follow mbak Niek @Nikmah Nursyam
atau facebook  Nikmah Nursyam




0 comments: