Rabu, 07 Mei 2008

KOMBINASI SIFAT-SIFAT DASAR

Hai....pa kabar sahabat-sahabat yang baik?
makin sukses ya? makin tambah baik juga ya? dan makin bertambah positif dalam bertindak dan berfikir ya?

Oke, sesuai janji saya untuk sharing job apa saja yang cocok untuk sifat-sifat dasar yang saya posting sebelumnya, maka saya coba untuk menuliskan apa sih yang cocok kita tekuni yang sesuai dengan sifat dasar kita.
tapi sebelumnya saya tambahkan beberapa hal yang cukup penting kita perhatikan.
1. ternyata keempat kuadran sifat dasar tersebut, bisa berkombinasi .
untuk itu, bagi sahabat yang masih bingung dengan identifikasi bisa coba lebih diperhatikan lagi apakah berkombinasi dengan kuadran yang lain ataukah tidak. kalau memang ada, manakah yang lebih dominan? So, jangan kaget kalau kita dapati dalam diri kita berkombinasi dengan 1 atau 2 sifat dasar lainnya.

2. personality mapping, bukanlah satu-satunya cara untuk memahami diri kita, dan juga bukan satu-satunya cara untuk bisa menentukan pilihan karier sukses kita.
ada banyak cara dan metode yang dikembangkan oleh banyak ahli. postingan ini hanya salah satu cara dari banyak cara.

3. dan yang terpenting untuk kita adalah action ketika kita telah mengetahui dikuadran mana kita dan apa karier yang cocok untuk kita.

4. kita bisa berkarier dibidang apapun, bahkan yang tidak cocok sekalipun dengan sifat dasar kita. dan itu sah-sah saja. namun akan sangat berbeda kecepatan pencapaiaanya.Manakala kita memilih bidang yang cocok dengan sifat dasar kita, maka pencapaiannya akan lebih mudah dan cepat. sementara jika kita memilih yang bersebrangan dengan sifat dasar kita, akan tetap dapat tercapai, jika kita berjuang sangat keras dan tentu waktu tempuhnya juga menjadi otomatis lebih lama.
contoh:
seorang yang pendiam, suka menyendiri, ketika ia dipaksa untuk menekuni bidang yang bersebrangan dengan sifat dasarnya tersebut (menjadi pembicara publik misalnya) maka yang kalau ingin berhasil dibidang itu,ia harus berjuang sangat keras dan perlu proses yang lama

salam hangat

mbak Niek

0 comments: