Rabu, 25 Februari 2009

Langkah Menuju Sukses

SALAM THE BEST
THINK THE BEST…DO THE BEST…LIFE THE BEST

Sering saya mendapat pertanyaan dari peserta seminar, terutama peserta yang baru memulai usaha. “Mbak Niek bagaimana sih caranya agar saya bisa berhasil dalam bisnis saya?”
Pertanyaan tersebut menginspirasikan saya untuk memformulasikan langkah-langkah menuju sukses di bawah ini:



1. open MIND

poin pertama ini baru saja terbersit saat saya mau posting materi yang saya bawakan pada ON AIR MUTIARA PAGI THE POWER OF LIFE pagi ini ( 18 Februari 2009 ).
Begitu banyak orang yang tertunda kesuksesannya, bahkan ada yang semakin jauh dari kesuksesan hanya karena tidak mau menerima pencerahan dari orang lain. Bukalah pikiran anda untuk menerima ilmu-ilmu (pencerahan) baru dari orang lain, dari siapapun itu.
"perhatikanlah apa yang dikatakan, bukan orang yang mengatakan" (Ali Bin Abi Tholib RA)
Coba anda ingat, seberapa banyak anda membaca buku-buku motivasi?atau seberapa sering anda datang ke seminar-seminar motivasi?

2. Mulailah mengambil langkah-langkah sukses dari yang kecil.

Saya teringat cerita Om Bob Sadino tentang anaknya yang penunggang kuda, Santi namanya. Santi belajar berkuda sejak berumur 4 tahun, dia sering mengikuti kejuaraan-kejuaraan berkuda diluar negeri, prestasinya adalah menjadi juara Asia pada kejuaraan berkuda di Hiroshima. Kemampuan berkudanya hebat. Suatu ketika papanya (Om Bob Sadino) menegur caranya naik kuda.” Santi cara kamu itu salah.” Maka dijawab oleh anaknya”dari pada kasih teori mending papa kasih contoh aja gimana caranya.”
Om Bob tidak bisa menunggang kuda, maka sudah pasti kata-kata anaknya membuat beliau jadi terbakar untuk bisa berkuda, agar bisa memberi contoh pada anaknya. Maka mulailah beliau belajar menunggang kuda. Dan ketika sudah bisa dilontarkan lagi kritikan pada anaknya.”santi cara kamu naik itu salah.”
Give me show how pap” begitu kira-kira jawaban yang diberikan santi.
Maka orang pertama yang mengenalkan telur broiler kepada masyarakat Indonesia ini, segera menaiki kuda……..dan ternyata jatuh saudara-saudara…..sampai lengan kirinya patah. Beberapa bulan kemudian, setelah tangannya sembuh, diulanginya hal yang sama, dan jatuh lagi, mematahkan lengan yang sama.
Dari kejadian terakhir itulah kemudian beliau berpikir, betapa naifnya apa yang dia lakukan. Santi belajar berkuda sejak usia 4 tahun, dan pada usia tertentu ia naik kuda dengan ketinggian lompatan 40 cm, kemudian meningkat 10 cm, 10 cm, demikian selanjutnya secara bertahap sampai mencapai tinggi yang distandarisasi untuk pertandingan internasional. Maka untuk dapat mencapai sukses, kita perlu bersabar dengan melakukan langkah-langkah kecil dulu. Setahap demi setahap.
Anda bisa mengambil inspirasi dan pelajaran dari cerita tersebut.
Buatlah sukses menjadi sebuah kebiasaan. Bila anda seorang pemula dalam bisnis anda, sukseslah memperkenalkan bisnis anda pada teman-teman dekat anda dulu. Lalu lebih banyak lagi. Lebih banyak lagi. Karena biasanya sukses yang besar dimulai dari sukses yang kecil. Dan ini semua akan membentuk kita sebagai pribadi yang sukses.


3. tulis mimpi (keinginan) anda

biasakanlah untuk menuliskan keinginan-keinginan ( mimpi )anda dalam target 1 atau 2 tahun. Akan lebih bagus jika andapun menuliskan target anda sampai 15 tahun kedepan. Apa saja yang ingin anda capai pada tahun tersebut.
Dengan menuliskannya, kemudian menempelkannya pada tempat yang mudah anda lihat dan kemudian memproklamirkannya kepada sahabat, kerabat, pasangan anda, maka akan bisa lebih fokus untuk mengejar keinginan anda itu.


4. carilah model/figur hebat

anda bisa memulai mencari orang-orang yang anda anggap hebat dan sesuai dengan visi &misi anda dalam meraih keinginan (mimpi) anda. Cobalah untuk mempelajari kehidupannya, dari mulai kebiasaanya, kesukaannya sampai kegiatannya. Dengan adanya figur, secara tidak sadar anda akan meniru apa yang dilakukan oleh figur tersebut. Tiru hal-hal positif dari figure dan hindari yang negatifnya. Karena no body’s perfect.

5. temukan MENTOR

temukanlah mereka dalam pergaulan anda; di rumah, kantor, organisasi dan lain-lainnya. Bisa bos anda, senior anda atau bahkan teman anda yang lebih berhasil dari anda. Tawarkan bantuan (kontribusi ) anda padanya, karena harga diri anda tetap bernilai dan orang-orang hebat itupun jadi tidak sungkan membantu anda.
Yuk temukan mereka sekarang!!
Saya terkesan dengan film inspiratif "MAN OF HONOR", pada bagian akhir dari film tersebut, sangat kental nuansa pentingnya MENTOR dalam meraih kesuksesannya (keberhasilannya).


6. berpikir POSITIF

hindari selalu berpikir dan berkata-kata negatif. Dampak buruk dari pikiran negatif diantaranya adalah melemahkan perjuangan dalam mencapai keinginan-keinginan anda. Kata-kata seperti:"duh, susah banget. Kayaknya ga mungkin deh." Buang jauh-jauh dari kamus anda ganti dengan yang positif. "ya, saat ini saya belum bisa dan saya akan berjuang mewujudkannya." Katakan dengan penuh tenaga dari dalam. Berpikir positif akan membawa dampak yang jauh lebih baik dalam kehidupan anda.


7. REALISTIS

Tidak ada kesuksesan yang instan. Anda tetap harus menyadari bahwa dalam mencapai keinginan-keinginan anda akan berhadapan dengan cobaan, mengalami sandungan atau kesulitan. Dengan sikap realistis, anda akan tetap konsisten mengejar keinginan anda.


8. EVALUASI diri

Sangat penting bagi anda untuk melakukan evaluasi/penilain terhadap langkah-langkah yang sudah anda lakukan. Apa saja yang perlu diperbaiki, apalagi yang harus ditingkatkan.


Semoga bermanfaat

Salam CINTA

mbak NIEK

2 comments:

dasyat banget ulasannya,, saya doakan semoga mbak Niek selalu diberikan kesehatan dan rejeki agar bisa selalu membagikan semangatnya baik via blog atau on air (amin)