Rabu, 25 Februari 2009

MENATA GAMBAR DIRI YANG TIDAK BAIK (BURUK)

SALAM THE BEST
THINK THE BEST…DO THE BEST….LIFE THE BEST



Entah sadar atau tidak , kita masing-masing membawa di dalam diri kita, cetak biru atau gambaran mental tentang diri kita sendiri. Mungkin gambaran tersebut tidak jelas (kabur) bagi tatapan kesadaran kita. Atau bahkan mungkin saja ia sama sekali tidak kita kenal secara sadar. Tetapi ia benar-benar ada, lengkap dengan detil terakhir.

GAMBAR DIRI, menurut Dr. Maltz dalam bukunya THE NEW PSYCO-CYBERNETICS adalah konsepsi kita sendiri tentang”seperti apa aku ini”. Ia terbentuk dari kepercayaan-kepercayaan kita sendiri tentang diri sendiri. Kebanyakan kepercayaan tentang diri sendiri ini secara bawah sadar telah terbentuk dari pengalaman-pengalaman kita di masa lalu; sukses-sukses serta kegagalan-kegagalan kita, keterhinaan yang pernah kita alami, kemenangan-kemenangan kita dan cara orang lain bereaksi terhadap kita, terutama sewaktu kecil. Dari semuanya ini kita secara mental membangun diri (gambaran tentang diri)

Gambar diri ini ada yang baik dan buruk. Untuk gambar diri yang baik tidak menjadi masalah karena gambar diri yang baik pasti akan membantu kita mencapai kehidupan yang lebih baik. Sementara gambaran diri yang buruk akan menghambat kita mencapai kehidupan yang membahagiakan (sukses). Dan kabar baiknya adalah; gambar diri buruk bisa kita perbaiki menjadi baik.

Indikasi bahwa kita mempunyai gambar diri yang tidak baik (buruk) dapat dilihat dari tanda-tanda dibawah ini:



1. MINDER (TIDAK PERCAYA DIRI)

Seorang pendengar MUTIARA PAGI sekali waktu bertanya seperti ini:
“Saya mau tanya,di luar materi pagi ini,saya kalau lagi menghadap pimpinan berkeringat,kurang pd dll,saya harus bagaimana? Mohon penjelasannya.dr bu tina kab.kebumen.terima kasih.”
Diseminar-seminar juga sering saya dapati begitu banyak peserta yang tidak berani mengemukakan pertanyaannya karena tidak percaya diri.
Mohon maaf apabila saya menempatkan tidak PD(minder) sebagai tanda-tanda gambar diri yang tidak baik (buruk). Karena saat kita tidak percara diri sejatinya, kita sedang meragukan kemapuan diri kita sendiri, sehingga kelebihan-kelabihan positif yang anda miliki menjadi tidak nampak. Coba perhatikan beberapa point berikut ini yang dterdapat pada orang yang tidak percaya diri:
a. merasa kurang dihargai, diremehkan sehingga tidak percaya kalau orang lain menghargai dirinya.
b. Merasa tidak punya kemapuan, orang lain yang hebat sementara dia tidak.
Orang seperti ini sering berkata “kalau gagal bagaimana?”ketika diberi tugas atau mau memulai sesuatu yang baru.
c. Merasa tidak dicintai, tidak dimiliki dan merasa tidak dibutuhkan

Dan itulah hambatan kemajuan anda. Anda menjadi diam ditempat. Rugi bukan?
Ingat bahwa sesungguhnya perasaan tidak percaya diri(minder) adalah hanya sekedar persepsi kita terhadap diri saja, belum tentu benar.
Ada beberapa tips untuk Lebih percaya diri yang akan saya posting pada artikel berikutnya.

2. OVER ACTING

Lho kok bisa over acting disebut sebagai tanda gambar diri yang tidak baik (buruk)?ya, sesuatu yang berlebihan memang menjadi tidak baik. Coba anda makan berlebih, pasti jadi tidak enak melakukan aktivitas. Begitu juga dengan tingkah laku yang berlebih-lebihan. So, over acting juga merupakan gambaran tidak baik(buruk) yang harus dihindari.


Kemudian setelah kita mengetahui bahwa gambar diri kita tidak baik (buruk), apa yang harus dilakukan? Yang pasti dirubah dong..caranya?
Anda bias mencoba beberapa resep berikut ini:

1. renungkanlah bahwa hidup ini pilihan.

Sebuah eksperimen yang dilakukan Allan Gevins :
Energi yang diperlukan untuk menulis dengan sembarangan (seperti tulisan cakar ayam tanpa dipikirkan) = energi yang diperlukan untuk membuat sebuah sebuah lukisan Maha Karya
So, pilihlah untuk berubah menjadi lebih baik dan bangkit dari keterpurukan anda.Semangat…semangat!!

2. temukan potensi diri kita

ada banyak kelebihan yang anda miliki, yang mungkin belum anda sadari keberadaannya. Maka luangkan waktu anda setiap hari 15 menit saja untuk menjadi pengamat (observer) bagi diri anda sendiri. Temukan kelebihan-kelebihan diri sekecil apapun itu. Ingatlah bahwa setiap kita diciptakan unik (memiliki kelebihan yang berbeda dengan orang lain)

3. konsultasi pada ahlinya

jika anda menemui kendala dalam melakukan hal-hal tersebut di atas, maka bertemulah dengan orang yang ahli untuk melakukan konsultasi.

Salam CINTA

Mbak NIEK

3 comments:

Tulisan mbak Nik diatas memang mengena pada diri saya.
Anehnya, saya memiliki kedua Sifat Buruk tersebut. Satu waktu saya bisa begitu minder pada suatu kondisi (Saya sangat minder jika bertemu & berbicara dg org yg sy anggap spesial) bahkan hingga tenggorokan saya serasa tercekat & suara saya mengecil (dg kondisi sy tak punya salah apa-apa). Namun dilain kesempatan saya bisa bersikap over acting (bahkan tertawa lebar) dihadapannya (pdhl sy tdk menunjukkan kebanggaan apa-apa).
Bagaimana solusi permasalahan saya yg aneh ini mbak Nik..?

sbelumnya, trims bgt atas jawabanya

saya senang mendengan suara mbak Niek di trijaya fm,, sungguh sejujurnya saya memang orang yang selalu membutuhkan motivasi agar bisa selalu semangat dan fokus,
saat ini saya sedang belajar utk menjadi enterpreneur dengan diawali belajar internet marketing.
trims tuk wejangannya

nb: bisa tlg ajarkan bgmn melakukan self hypnotis? tks

Terimakasih postingannya Mba Niek. Terus berkarya dan jangan berhenti. Karena saya akan melahap habis setiap tulisan berikutnya.

Oh ya, buat teman2 yang akan merayakan pernikahan, atau butuh catering untuk acara penting, silahkan gunakan jasa kami..

Dewi's Wedding

Salam