Senin, 27 September 2010

MERUBAH KEPEDIHAN MENJADI KESENANGAN


Pernahkan anda mengalami suatu kejadian yang menyakitkan, membuat hati anda hancur? Atau anda pernah mengalami kebangkrutan, kesulitan keuangan, atau kesedihan karena ditinggalkan orang yang sangat anda cintai? Sepertinya dunia ini begitu sempit menghimpit anda? Atau bahkan sampai anda ingin mengakhiri hidup anda karena begitu pedihnya kehidupan?



Banyak kejadian yang kita alami dalam kehidupan kita, senang susah. Kesulitan kemudahan silih berganti mewarnai lika liku hidup kita. Dan itu sudah menjadi hal yang biasa dalam hidup. Hanya sebagian orang kadang memaknai suatu kejadian dengan makna yang kurang tepat, sehingga mereka terjebak pada suatu emosi yang tidak mendukung kearah yang positif. Sehingga keluhan, keputusasaan, kekecewaan terhadap keadaanlah yang mewarnai hidupnya.

Menurut teori pikiran ( ini penting untuk diingat) dan saya sering membahasnya pada acara THE POWER OF LIFE trijaya fm setiap rabu pukul 05.00-06,00, bahwa pada prinsipnya setiap kejadian yang kita alami baik negatif maupun positif ( tidak enak maupun enak ) itu bersifat netral. maka tergantung pada pemaknaan yang kita berikan. Anda mau memaknainya seperti apa. Ketika anda kehilangan pekerjaan, anda mau memaknainya sebagai bencana yang menyedihkan sehingga anda memilih depresi dan merenungi sepanjang hari bahwa anda ditimpa kesedihan yang amat berat? Atau anda mau memaknainya sebagai sebuah peluang untuk membuka usaha sendiri? Karena anda sudah tidak terikat dengan atasan anda, pekerjaan anda yang menyita waktu anda dan kemudian berpikir membangun kerajaan bisnis anda? Atau ketika anda dicaci maki oleh sahabat anda. Anda bisa memaknainya sebagai sesuatu yang melukai hati, atau anda bisa memaknainya sebagai sebuah drama lucu yang menghibur anda. Itu semua netral, dan pemaknaannya tergantung pada anda.

Penting diingat bahwa emosi seperti kesedihan tidak terjadi pada diri anda, anda tidak menangkap kesedihan. Anda menciptakannya, seperti hasil lain dalam kehidupan anda, melalui tindakan fisik dan mental tertentu. Agar menjadi sedih anda harus memandang kehidupan anda secara khusus. Anda harus mengatakan sesuatu hal tertentu pada diri sendiri dengan nada tertentu. Misalnya, kalau anda ingin sedih, biasanya dapat terjadi kalau anda menjatuhkan bahu anda dan banyak memandang ke bawah. Berbicara dengan nada suara yang terdengar sedih serta membayangkan kemungkinan kejadian paling buruk dalam hidup anda, ini akan banyak membantu anda memperoleh kesedihan.

Intinya sederhana saja, bahwa dibutuhkan usaha untuk menimbulkan tekanan mental, dan perlu melakukan tindakan tertentu. Beberapa orang telah mencoba keadaan ini terlalu sering, sehingga mudah saja bagi mereka menimbulkannya seketika. Mereka sering mengkaitkan bentuk berkomunikasi dengan dunia luar. Beberapa orang mendapat begitu banyak simpati, cinta, perhatian dan sebagainya, sehingga mereka menganut bentuk komunikasi ini sebagai kehidupan mereka secara normal. Mereka menyatu dengan keadaan ini

Begitu juga dengan kesenangan. Kesenangan itu diciptakan-dibuat oleh anda sendiri.
Baik kesenangan dan kesedihan, kedua-duanya memerlukan upaya untuk menciptakannya. Nah daripada mengupayakan kesedihan, bukankah lebih enak kalau mengupayakan kesenangan?!


Lalu bagaimana kalau anda sudah terlanjur terjebak dalam KESEDIHAN, KEPEDIHAN yang berkepanjangan? Beberapa cara berikut ini mudah-mudahan bisa membantu anda:

1.Putuskan saat ini juga untuk bahagia, dengan cara apa?
Katakan pada diri anda ” saya memutuskan untuk bahagia TITIK sayaa tidak mengizinkan siapapun membuat saya sedih dan putus asa.” saya adalah tuan bagi diri saya, dan saya akan memutuskan hal-hal yang baik saja”

2.Ubah fokus, fokus pada apa yang anda inginkan, bukan pada kesedihan atau pada yang tidak anda inginkan. Kalau anda memusatkan secara terus menerus pada semua keburukan hidup, kesedihan, semua yang tidak anda inginkan, atau semua masalah, maka sejatinya anda sedang menmpatkan diri anda dalam keadaan yang mendorong perilaku dan hasil seperti itu. Cobalah untuk melontarkan pertanyaan pada diri anda. Bukan pertanyaan ”mengapa saya yang ditimpa musibah ini?” tapi lontarkan pertanyaan” bagaimanakah aku bisa memperbaiki situasi ini. Anda pasti mendapatkan jawaban2 yang memungkinkan anda untuk mengambil tindakan yang positif. Apapun yang menjadi fokus kita itulah yang menentukan bagaimana perasaan kita.

3.Ubah fisiologi anda
Coba deh anda lakukan eksperimen kecil ini;
Ketika anda merasa sedih atau putus asa ( baru putus dengan pacar misalnya, atau lamaran kerja anda belum ada yang lolos ), dengan ekstrim rubahlah fisiologi anda. Tanpa banyak berpikir tersenyumlah, kemudian dongakkan kepala keatas, tarik napas dalam dan panjang beberapa kali dan ingat-ingat saat anda mendapatkan keberuntungan.
Jika anda melakukannya dengan benar dan sungguh-sungguh Saya sangat-sangat yakin, kesedihan yang tadinya anda rasakan akan berganti dengan perasaan senang seketika itu juga. Jadi anda bisa menciptakan kesenangan, kebahagiaan dan ketentraman kapan saja anda mau. Maka sering-seringlah mengamati fisiologi anda. Rubah segera ketika anda memerlukannya.


Nah yang terakhir, beberapa tips ringan ini bisa anda coba lakukan, mudah dan ringan untuk dilakukan tapi dampaknya luarbiasa besar untuk kehidupan anda......selamat mencoba....

1.baca kitab suci dan pahami kemudian aplikasikan
2.bernyanyilah mengikuti alunan musik kegemaran anda
3.bacalah buku yang menawarkan informasi yang bisa langsung anda terapkan
4.tertawalah menonton film lucu
5.berenang beberapa putaran
6.makanlah bersama teman
7.berendamlah dengan air hangat
8.temukannlah 5 ide baru
9.berkenalanlah dengan orang baru
10.bercandalah dengan teman-teman
11.rangkul dan kecuplah pasangan anda ( bagi yang belum punya pasangan, tidak usah berkecil hati, berdoalah agar Allah SWT segera mempertemukan belahan jiwa anda ;-D

pilihlah salah satunya dan cobalah sekarang !!!



SEMOGA BERMANFAAT

SALAM THE BEST
THINK THE BEST.....DO THE BEST....LIFE THE BEST

MBAK NIEK

4 comments:

postingan Mbak Niek selalu membuat saya menjadi semangat,btw sy slalu mengikuti setiap acara "the power of life" di Trijaya terutama yang hari rabu pagi, bagus bgt acaranya, makasih Mbak Niek atas segala arahannya.
Salam Sukses Mbak Niek ^=^,,

Mbak, ijin share ya... buat acara motivasi dikantorku..:)

Luar biasa mbak niek,postingan mbak niek selelu menginspirasi saya,tuk yang ini sudah saya coba,dan hasilnya sungguh menakjubkan,pikiran saya semakin terbuka,dan mengarah ke fikiran2 positif,tank's mbak niek...
SALAM THE BEST

subhanallah...... puji syukur alhamdulillah, terima kasih mba niek. top markotop pokoknya:)