Rabu, 07 September 2011

REFRESH MIND

Coba anda hitung seberapa banyak orang yang berjuang keras mengusahakan kebugaran dan kesegaran tubuh? Pastinya banyak, apalagi kaum wanita, wah mereka paling bersemangat untuk menjadi bugar. Maka tak heran jika pusat-pusat kebugaran ramai pengunjung. Coba bandingkan dengan toko buku. Wah anda pasti tau jawabannya ya?


Tidak bedanya dengan tubuh(fisik) kita, pikiran juga perlu penyegaran agar  menjadi bugar. Dari pikiran yang bugarlah akan keluar ide-ide inspiratif. Dari pikiran yang bugar jugalah akan keluar solusi-solusi kreatif.
Sebaliknya pikiran yang tidak segar  akan lesu dan cenderung dipenuhi dengan pikiran-pikiran negative. Setiap kejadian dipersepsikan negative, setiap orang (keadaan diluar dirinya) dicurigai sebagai pembawa masalah. Dan pastinya pikiran yang tidak segar itu akan berdampak buruk pada pencapaian kesuksesan anda.
Anda ingin menyegarkan pikiran anda? Hm hm pastinya….. beberapa tips dibawah ini bisa anda coba terapkan. Agar lebih terasa ringan ada baiknya anda ajak sahabat, pasangan, atau anak untuk bersama-sama mempraktekkan tips-tips ini.
1.      Segarkan pikiran dengan KALIMAT INSPIRATIF
Anda bisa memulai dengan mencermati kutipan-kutipan atau kalimat bijak, motivatif dan  inspiratif dari tokoh-tokoh terkenal agar dapat menyegarkan pikiran anda. Beberapa kalimat inspiratif di bawah ini bisa anda tulis kembali untuk anda tempelkan ditempat-tempat yang mudah untuk dilihat:

“mula-mula kita yang menciptakan kebiasaan, selanjutnya kebiasaan yang menciptakan kita” –JOHN Dryden, Penyair dan dramawan Inggris abad 17
“jika anda tidak suka pada sesuatu ubahlah. Jika anda tidak dapat menubahnya, ubahlah sikap anda. Jangan mengeluh.” - Maya Angelou, penulis dan penyair
“siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil.” –Al-Hadits

Anda bisa menambahkannya sendiri dengan kata-kata inspiratif lainnya. Semakin banyak akan semakin baik. Bombardir pikiran anda dengan kalimat-kalimat tersebut, sepanjang hari.
2.   Fokus  pada KELEBIHAN
Ketika kita diminta untuk menyebutkan kelemahan-kelemahan diri, kebanyakan dari kita sangat mudah dan lancar menyebutkannya, bahkan daftar yang disebutkan sangat fantastis jumlahnya.
Nah, jika anda menginginkan perbaikan dalam cara piker dan kesegaran dalam berpikir, mulailah dengan menfokuskan diri pada hal-hal baik dalam diri anda. Mulailah dengan membuat penilaian yang jujur terhadap kemampuan diri anda sendiri, kemudian focus pada hal-hal yang bisa anda lakukan.
Bukan berarti kita mengabaikan kelemahan lho, saya ambil contoh: anda ingin sekali berbisnis, akan tetapi anda tidak punya modal. Jika anda focus pada kelemahan anda, yaitu tidak punya modal, maka anda tidak akan pernah menjadi pebisnis. Jika anda focus pada kemampuan anda, maka anda akan berusaha. Misalnya saja focus pada kemampuan anda membangun relasi, kemampuan anda tahan terhadap cobaan atau kemampuan anda dalam meyakinkan orang dan lain sebagainya.

Saya pikir, anda bisa melihat perbedaannya bukan? Jika anda memikirkan kelemahan, berarti anda membiarkan kelemahan tersebut menentukan hasil yang anda dapatkan. Sebaliknya jika anda memikirkan kelebihan atau kekuatan, maka diri anda sendirilah yang menentukan hasil yang akan anda dapatkan.

nantikan 3 point berikutnya pada artikel lanjutannya
semoga bermanfaat

salam THE BEST

mbak NIEK

0 comments: