Selasa, 18 Februari 2014

BAGAIMANA MENEMUKAN KEBAHAGIAAN KURANG DARI 3 MENIT?

SUSAH! 
Begitulah menurut sebagian orang, ketika diajak untuk menemukan KEBAHAGIAAN. 
Kalau saya sudah banyak uang baru BAHAGIA, begitu komentarnya kemudian. Beberapa waktu lalu saya mendapat kiriman pesan singkat dari pendengar saya pada program acara rabu pagi di SINDO TRIJAYA,"bahagia itu memang mudah diucapkan mbak, tapi susah dipraktekkan."

"Mana mungkin saya bahagia sementara kesulitan demi kesulitan sepertinya sulit pergi dari hidup saya?"
Bagi Anda yang merasa kesulitan dalam menemukan kebahagiaan ditengah-tengah cobaan, bagi Anda yang tak mudah menemukan kebahagiaan ditengah derita yang sedang Anda rasakan saat ini, beberapa tips sederhana yang akan mengantarkan Anda pada KEBAHAGIAAN akan saya share untuk Anda. Psssssttttt, hanya khusus untuk Anda saja. 

Namun sebelum Anda membaca tips-tips tersebut, saya ingatkan bahwa tips-tips ini tidak akan menghasilkan apa-apa tanpa partisipasi Anda. Tak akan terjadi keajaiban apapun jika ANda tidak bergerak, tidak melakukan apa-apa. Jika tak ada niatan Anda untuk mempraktekkannya, berhenti membaca dan tutuplah halaman web ini. 


OK, Anda sudah siap melanjutkan membaca tulisan ini dan siap untuk langsung melakukannya?

1. TARIK NAFAS DALAM

Perhatikanlah diri Anda saat bernafas, apakah Anda memiliki nafas yang dalam atau nafas yang dangkal? Kebanyakan orang yang saya temui memiliki nafas dangkal, semoga tidak dengan Anda. Untuk meyakinkan diri Anda, apakah memiliki nafas dangkal atau dalam. Cobalah tes sederhana ini: Tempelkan telapak Anda pada perut bagian bawah, lalu tariklah nafas panjang/dalam lalu perhatikan, jika perut anda masuk kedalam saat Anda menarik nafas, maka nafas Anda cenderung dangkal. Dan jika perut Anda terdorong keluar saat Anda menarik nafas, maka berarti Anda mempunyai nafas yang Dalam.
Tidak usah sedih jika Anda tergolong memiliki nafas yang dangkal, lakukan saja hal-hal berikut ini untuk mendapatkan kebahagiaan kurang dari 3 menit, DO IT NOW:
* Tarik nafas selama 4 detik ( 4 hitungan/ketukan )
* Tahan nafas selama 16 detik (16 hitungan/ketukan )
* Hembuskan perlahan-lahan selama 8 detik ( 8 hitungan/ketukan )
* Dan lakukanlah sebanyak 7 kali

2. TULISLAH DAFTAR TERIMA KASIH

Sebuah penelitian mengatakan bahwa orang-orang yang hidupnya dipenuhi rasa terima kasih,  dilaporkan tidak mengalami gangguan kesehatan yang berarti dan merasakan kehidupannya jauh lebih baik secara keseluruhan. Mereka bahkan membuat perkembangan yang positif atas pencapaian tujuan-tujuan penting dalam hidup mereka.
Kita sering tidak menyadari bahwa ada banyak hal yang kita alami dalam keseharian kita yang bisa kita jadikan sebagai bahan untuk berterima kasih. Saya contohkan sedikit ya untuk memancing  Anda untuk menemukan hal-hal yang kadang kita anggap sangat biasa: Anda dapat menyelesaikan tugas Anda hari ini, Anda dapat kembali kerumah desngan selamat, Anda dapat menemani putra-putri Anda mengerjakan PR mereka, Anda masih bisa mendengarkan lagu kesukaan Anda, dapat berjalan-jalan dengan teman-teman Anda dan masih banyak yang lainnya, silahkan Anda sebutkan sendiri.
Nah kini lakukan hal berikut ini untuk dapat menemukan KEBAHAGIAAN  Anda sebelum jam Anda menunjukkan menit ke 3:
* Ambil alat tulis Anda ( pena dan buku tulis )
* Diam sejenak, dan ingat-ingatlah sejak bangun tidur sampai saat ini, apa yang terjadi pada diri Anda
* Tulislah 7 hal yang Anda berterima kasih dalam hidup Anda
*  Lakukan 3 menit setiap hari untuk mendapatkan manfaat yang permanen 


3. KIRIMKAN UCAPAN TERIMA KASIH

Saya masih mengalami saat kartu ucapan masih digunakan untuk mengirimkan ucapan, baik ucapan selamat ulang tahun maupun ucapan terima kasih. Kini diera digital kitapun masih bisa mengirimkan berbagai jenis ucapan dengan menggunakan kemajuan tekhnologi. Awali pagi Anda dengan mengucapkan terimakasih kepada penghuni rumah Anda dan kemudian lakukan ini:
* Ambil gadget Anda, tuliskan ungkapan terima kasih Anda pada sahabat ANda yang tinggal berjauhan dengan Anda.
* Buka jejaring sosial dan kirimkan secara personal ucapan terima kasih kepada sahabat-sahabat Anda dijejaring sosial.
* Lakukan setiap harinya kepada paling sedikit 3 orang


4. SILENT MOMENT

Kita sering mendapati kebisingan dalam lingkungan kita. Tengoklah jika kita bertemu dengan sahabat-sahabat lama kita, masing-masing orang ingin berbicara, masing-masing orang berebutan untuk didengarkan, dan akhirnya tak ada yang bisa kita tangkap dari percakapan tersebut. Padahal Diam (kesunyian) adalah Harta Karun yang hanya sedikit orang yang dapat mengakesnya. Bukan karena mereka tidak tahu cara mengaksesnya, tapi lebih karena mereka tidak secara sungguh-sungguh menyediakan waktu untuk berada dalam keheningan (SILENT). Silent mungkin mulanya membuat tidak nyaman karena kita sudah terbiasa dengan kebisingan, tapi akan segera menjadi hal yang menyamankan jika Anda melakukan latihan berikut:
* Matikan semua alat yang mengeluarkan bunyi; Gadget, TV, Radio dan lainnya
* Stel Alarm untuk 3 menit
* Duduklah dengan tenang dan dengarkan suara keheningan
* Tajamkan pendengaran Anda dan rasakan telinga Anda saat mendengarkan suara keheningan

5. PEREGANGAN OTOT

Kemudahan-kemudahan yang selama ini kita dapatkan melupakan kita untuk bergerak. Kemanapun kita pergi kita dimanjakan oleh fasilitas transportasi yang mudah kita akses. Pergi diantar kendaraan, sekalipun ketempat yang  dekat sekali dari rumah kita. Padahal Bergerak itu dapat membuat perubahan fisik, emosi dan mental seseorang.  
Peregangan Otot dapat membantu Anda yang sibuk liuar biasa untuk mendapatkan kesegaran setelah berjibaku dengan kesibukan-kesibukan tersebut, terutama bagi Anda yang seharian bekerja dibalik meja, mengetik di laptop atau PC Anda. Anda akan merasakan suasana hati yang lebih baik jika melakukan ini:
* kaitkan jari tangan kanan dengan tangan kiri anda, lalu tarik keatas kepala, lurus diatas kepala sampai terasa tarikannya hingga pangkal lengan. condongkan kekanan dan kekiri masing-masing 8 hitungan.
* Putar kepala searah jarum jam, kemudian lakukan kebalikannya
* Letakkan tangan Anda dipinggang (tolak pinggang), kemudian  putar pinggang searah jarum jam dan lakukan kearah sebaliknya, lakukan 3 kali
* Tangan tetap dipinggang, dan berdiri dengan berjinjit lalu jongkok dengan kaki tetap jinjit. Berdiri lagi dan jongkok lagi, lakukan 3 kali

Itulah Lima hal ringan yang dapat Anda lakukan dimanapun Anda berada untuk menemukan KEBAHAGIAAN. Mudah bukan? Lets Do it


semoga bermanfaat 
BE THE BEST PERSON 

mbak Niek


2 comments:

Setuju mba niek.. Kadang mut melakukan dr salah satu itu tidak berurutan itupun sesekali waktu aja, efeknya bagus.. Apalg ini dilakukan rutin dan teratur, waahhh bisa rrruar biasa:)
Terima kasih mba niek..*peluk

Trims komentarnya Muth...... dishare kalo dirasa bermanfaat. Semoga bisa jalan amal busts kita. Amiiiiiiin. Peluk n cium Muth