Selasa, 25 Februari 2014

CARA MENAJAMKAN INGATAN, AGAR HIDUP JADI TERTATA DAN BAHAGIA


“Kamu taruh dimana?”
“Lupa.”
“coba ingat-ingat.”
“lupa ya lupa…..”
Gubrag ####*****####

***
Lupa memang bisa jadi sesuatu yang menjengkelkan, apalagi jika kita memerlukan sesuatu segera dan kita lupa meletakkannya dimana. Belum lagi kalau kita lupa pada teman sekolah kita yang sama-sama datang pada acara reunian. Duh malu rasanya. Lebih-lebih malu lagi kalau kita lupa nama guru sekolah kita, padahal beliau dengan fasihnya menyebut nama kita. Duuuuuuh.

Tapi tenang, Anda tak sendiri. Bahkan saya menemukan kecenderungan anak-anak muda yang mudah sekali lupa belakangan ini. Saya mengambil contoh dari staf dan karyawan saya yang masih muda-muda yang kadang ingatan saya lebih tajam lho dari mereka ;)
Lupa memang bisa jadi sangat memalukan dan membuat masalah, akan tetapi lupa beberapa kali tidak akan membuat Anda jadi pikun kok. Inilah hebatnya ciptaan Allah, dalam kepala kita yang kecil ini ada segumpal perangkat hebat seberat kurang lebih 1,5 kg yang didalamnya terdapat milyaran jaringan sel. Nah, memori itu terbentuk dari hubungan antara dua atau lebih dari 100 miliar jaringan sel tersebut, yang kita kenal dengan NEURON, lalu menguatkan hubungan tersebut, sehingga suatu saat Anda dapat menggunakannya lagi. Itu menurut Neal Barnard, seorang asisten profesor kedokteran di George Washington University School of Medicine, di Washington, D.C lho. Dan “otak Anda terus mengembangkan neuron dan membangun hubungan baru untuk menguatkan memori saat umur Anda bertambah, sebuah fenomena yang disebut neuroplasticity,” kata Brianne Bettcher, seorang neuropsikolog di Univerty of California, San Francisco, Memory and Aging Center.”Jadi tidak ada kata terlambat untuk meningkatkan kemampuan ingatan Anda.”Makanya tak perlu takut, tapi juga jangan terlena kalau Anda saat ini sering terjangkit penyakit LUPA.

Kalau begitu yuk segera kita praktekkan beberapa cara untuk menajamkan ingatan kita, dibawah ini:

1. OLAHRAGA
Sudah berapa lama Anda tak melakukan kegiatan olahraga? Sebulan? Dua bulan? Atau bahkan bertahun-tahun? Ketahuilah bahwa berolahraga murah dan ringan seperti  bersepeda atau berlari atau berenang atau olahraga kardio selama 20-30 menit tiga kali setiap pekannya terbukti membantu ingatan Anda menjadi lebih baik. Dan terbukti,meningkatkan kinerja jantung Anda mengalirkan darah ke otak, memperbesar hipocampus (bagian otak paling vital untuk mengingat), dan meningkatkan sekresi yang berasal dari fakor neurotropik  yang berasal dari otak, sebuah protein yang dibutuhkan untuk ingatan jangka panjang.  Selain itu Peter J. Snyner, seorang profesor neurologi di Brown University's Alpert Medical School.
latihan jantung juga bisa menghasilkan hubungan baru untuk menumbuhkan antar neuron di dalam hipocampus,” 
Tunggu apa lagi? Sudah sudah tutup web ini, kemudian ambil sepeda Anda (kalau punya, kalau tidak ya pinjam tetangga ;)) atau ambil sepatu Anda lalu ajak sseseorang (biar semangat) untuk menemani Anda lari.

2. TIDUR CUKUP
Tidur adalah waktu kunci bagi otak Anda untuk menguatkan hubungan antar neuron (saraf),” ini bukan kata saya, tapi lagi-lagi kata ilmuwan lho. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Sleep Medicine, para peneliti meminta subjek untuk menampilkan beberapa olah ingatan kemudian tidur siang atau tetap terjaga. Orang yang tidur siang mengingat lebih banyak tugas yang mereka tampilkan daripada yang tetap terjaga. Nah untuk tidur siang ini Rasululloh SAW juga mencontohkannya, yang istilahnya itu QOILULAH (tidur sebentar disiang hari, sebentar lho ya jangan 5 jam… itu bukan tidur siang namanya tapi doyan tidur). Idealnya tidur  itu antara 7-9 jam totalnya per hari, sudah termasuk tidur siang didalamnya. 
Wah saya kan kerja, bagaimana mungkin bisa tidur siang, istirahatnya saja Cuma 30 menit. 
Nah kalau ada yang masih menggerutu seperti itu, pindah scenario dong. Jadilah PENGUSAHA. 

3. CERMATI KATA-KATA ANDA
Apa jawaban Anda ketika ada yang menanyakan letak  suatu benda kepada Anda tapi Anda tak mengingatnya.
LUPA! Yup, tepat sekali, kebanyakan kita akan menjawabnya dengan 4 huruf itu: L-U-P-A. menurut bahasa pemrograman otak, dengan mengatakan LUPA berarti kita tidak menstimulus otak kita untuk mengingat-ingatnya, dengan kata lain membuatnya lumpuh akan ingatan tersebut. Alih-alih menyebut kata LUPA, mulai sekarang pakailah kata lain yang lebih positif dan bersifat stimulant. Misalnya: “saya ga ingat tepatnya dimana, sebentar saya ingat-ingat dulu.”
Maka saat itu ada upaya untuk menstumulus otak kita menguatkan hubungan antar sel. 

4. SILENT MOMENT
Kami muslim memiliki waktu yang direkomendasikan langsung dari MAHA BOS, pemilik diri, jiwa dan semesta ini Allah SWT, yaitu 1/3 malam. Itulah moment yang paling bagus untuk SILENT. Komunikasi kita kepada Allah SWT dimalam yang hening adalah cara jitu yang mampu meningkatkan daya ingat Anda. Atau bagi Anda yang bukan pemeluk agama Islam bias melakukan cara lain yaitu, MEDITASI. Jika kita konsisten melakukannya setiap hari, paling tidak 12 menit dalam sehari secara konsisten, maka menurut penelitian akan meningkatkan ingatan dan meningkatkan aliran darah kesekitar otak yang digunakan untuk kinerja otak. 

5. LAKUKAN SESUATU DILUAR KEBIASAAN
Karena merasa sudah nyaman dengan apa yang biasa kita lakukan, maka kebanyakan orang menjadi segan untuk melakukan hal-hal baru sekalipun itu mudah dan sepele, seperti mengubah rute Anda ketempat kerja misalnya. Saya sebisa mungkin jika pergi kesuatu tempat, maka akan kembali melalui rute yang berbeda. Karena pengalaman baru juga dapat meningkatkan ingatan Anda
Pengalaman baru, seperti mengambil rute berbeda saat berangkat bekerja, juga dapat meningkatkan ingatan Anda. “Otak kita senantiasa memutuskan  hal yang cukup penting untuk diingat dan apa yang harus dihilangkan dari ingatan,” kata R. Douglas Field, seorang peneliti imu saraf di National Institutes of Health di Bethesda, Maryland..

6. BUAT TANTANGAN UNTUK MENGINGAT
Pernah mendengar humor tentang otak bukan? Bahwa otak orang Indonesia dihargai mahal dibandingkan dengan para ilmuwan dari Luar. Yup, katanya karena otak orang Indonesia jarang dipakai, jadi masih orisinal. Duh, tega banget ya yang buat seloroh seperti itu. 
Nah, kalau yang ini kata Ilmuwan lagi ya Michael Kahana, kepala Lab Komputasi Memori di Universitas Pennsylvania dan penulis ‘Foundations of Human Memory’, bahwa:"orang-orang yang aktif secara kognitif memiliki memori lebih baik dengan bertambahnya usia mereka," 
Lalu bagaimana Anda menjaga otak Anda agar tetap kuat?
Kata Ilmuwan lagi (wah kok Ilmuwan lagi.. ilmuwan lagi ya..  ya begitu deh, kalau mbak NIEK yang bicara kan tidak ada data risetnya, makanya kita perlu kutap sana kutip sini dari para peneliti agar datanya akurat dan Anda yang mebacanya tak tersesat)  "Tetap berhubungan dengan lingkungan sekitar Anda akan memperkuat koneksi antarneuron,"  
Jadi Anda dapat lakukan kegiatan menyenangkan yang membuat Anda berpikir, misalnya,  Pergi ke museum sebulan sekali, belajar kata-kata dalam bahasa baru, menonton sebuah film dokumenter pada topik yang memikat Anda, atau melakukan melakukan teka-teki silang atau sudoku. 
Nah sekarang saya menantang Anda untuk melakukan hal ini: 
Saat Anda datang kesebuah pertemuan atau acara yang didalamnya terdapat orang-orang baru yang tidak Anda kenal, ingat;lah satu persatu nama-nama mereka. Saya beri bocoran ya agar Anda mudah mengingatnya. Psssssttttssttttt.
“apaan tuuuuh.”
“Oh, belum saya bisiki tho? Baiklah, baca baik-baik ya:
"bayangkan wajah mereka dan coba untuk mengingat nama mereka saat pulang," 
Bila Anda meregangkan otak Anda dengan cara ini, Anda akan dapat mengingat nama mereka pada pertemuan berikutnya.
Selamat mencoba.

7. GANTI POLA MAKAN ANDA
Seperti halnya tubuh kita, Otak juga memerlukan Nutrisi, Otak Anda tidak bisa berfungsi dengan baik tanpa asupan nutrisi penting. “penelitian jangka panjang menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi sayur bayam dalam jumlah yang banyak, kol, dan sayuran berdaun hijau lainnya mengurangi risiko penurunan ingatan karena bertambahnya umur, karena didukung oleh phytonutrien seperti vitamin C,” kata seorang ahli diet Joy Baueur dari New York
Ternyata mudah bukan untuk mendapatkan ingatan yang baik. Semua bahan-bahan tersebut sangat mudah kita dapatkan di Negara tercinta kita ini.

Tidak hanya dengan membaca, kemudian akan menjadikan daya ingat Anda cemerlang. LET’S DO IT

Semoga bermanfaat
BE THE BEST PERSON


0 comments: