Rabu, 15 April 2015

LET’S CHANGE!!!




semangat perubahan
Pernah kan dengar orang yang mengatakan:
“Aku mau berubah! Serius!” dan kata-katanya meyakinkan sekali, apalagi misalkan baru saja selesai mengikuti seminar atau membaca buku motivasi.
Eh, ternyata perubahannya tak berlangsung lama, bahkan tak sampai seusia  tanam jagung ;) bahkan kebanyakan bertahan beberapa hari saja.
Eits, jangan jangan bukan orang lain yang mengalami itu, melainkan Anda sendiri.
Sering kita menyangsikan kemampuan kita untuk berubah (kearah positif), sehingga kita menjadi enggan untuk melakukan perubahan.

Saya teringat kata-kata bijak dari seorang ilmuwan yaitu, “Jauh di dalam diri manusia terdapat kekuatan-kekuatan yang masih tertidur nyenyak, kekuatan yang mampu membuat mereka takjub dan tidak pernah mereka bayangkan bahwa mereka memiliki kekuatan yang apabila digugah dan ditindak lanjuti akan mengubah kehidupan mereka dengan cepat.”
Ini sebuah kata-kata yang luar biasa. Kata mutiara yang hebat, bahwa dalam diri kita memiliki kekuatan luar biasa yang sedang tertidur nyenyak. Jika kita stimulus sedikit saja maka dia akan menjadi sesuatu kekuatan yang dapat menggugah kita untuk melakukan perubahan.
Guru saya mengatakan bahwa perubahan itu diklasifikasikan menjadi 3 level :
1.       Level 1, bersifat sesaat dan ini disebabkan oleh respon dari luar diri kita dan hanya menyentuh tidak sampai ke dalam hati. Misalnya : terdapat orang yang berjanji  ingin berhenti  merokok pada pasangannya atau keluarganya, akan tetapi jika dia berkumpul kembali dengan teman-temannya maka dia akan melakukannya. Atau seseorang yang karakternya kasar, kata-katanya kotor, sering mengumpat, responnya negative lalu dia berjanji dia akan berubah, lalu yang terjadi  perubahan itu hanya sesaat.hal ini dikarenakan factor dari luar.
Orang yang seperti ini mempunyai ciri-ciri adalah :
-          Dominan pengaruh dari luar. Seperti sebelumnya jika seseorang tidak dimulai dengan stimulasi maka dia tidak lagi melakukan perubahan dan dia akan kembali keasalnya. Kalau tidak ditemani atau tidak diberikan pencerahan, maka dia akan kembali ke tabiat keawalnya.
-          Bersifat sesaat, karena stimulasi dari awal dan luar terkadang timbul maka sifatnya akan sesaat.
-          Mudah dipengaruhi oleh pihak lain
-          Mudah menyerah / putus asa, dikarenaka belum mempunyai pondasi yang kuat dan tidak memiliki sasaran yang jelas. Orang yang baru level awal mendapat inspirasi hanya sesaat saja. Hal seperti ini tentu tidak kita inginkan.
Dan dalam masa perubahan terdapat step by step, kemudian kita akan memasuki masa kritis. Masa kritis ini yang menentukan apakah kita akan gagal atau tidak.
2.    Level 2, perubahan level 2 itu seakan-akan lama dan akan berubah selamanya. Apalagi jika kita perhatikan di seminar atau training dan akan terlihat jika trainer selesai pelatihannya. Maka seakan-akan tekat akan berubah selamanya. Padahal, ternyata hal ini akan berlangsung hanya sebulan saja. Memang awalnya mereka merasa mengalami perubahan lalu meyakininya bahwa bisa benar-benar berubah namun kenyataan tidak sampai kehati.
Jadi mereka yang berada dilevel 2 saya mengistilahkannya up and down. Biasanya diperjalanan orang ini akan menyerah dan kembali ke sikap yang semula. Dan ini tentunya kurang baik untuk diri kita, karena merasakan dari kebaikan itu hanya 2-3 bulan saja. Tentu Anda tidak ingin hanya seperti ini haya 2-3 bulan lalu kita kembali kehabitat yang semula.

3.  Level 3, Perubahan level ini yang diharapkan oleh setiap orang, yaitu perubahan permanent. Perubahan yang sampai ke hati. 

Bagaimanakah caranya mengupayakan perubahan permanen ini?
1.       Menumbuhkan kesadaran diri (awareness)
2.       Menanamkan program Ulang pada Pikiran
3.       Berlatih terus-menerus
4.       Jaga lingkungan
               
 (kempat point diatas akan dibahas terpisah satu persatu dalam artikel tersendiri )

Semoga Bermanfaat 
BE THE BEST PERSON

Note:
Jika artikel ini memiliki manfaat silahkan dishare kepada kerabat maupun sahabat melalui link dibawah ini:

1 comments:

Aseli ini sarapan yg berasa bgt:)