Selasa, 07 April 2015

ME TIME (MELUANGKAN WAKTU UNTUK DIRI SENDIRI)



Siapa manusia di dunia ini yang tidak sibuk? Dizaman yang katanya semakin canggih ini, pemandangan orang sibuk bisa kita temukan dimana saja. Bahkan didalam rumah kita sendiri. Perhatikan ibu kita ( bagi anda yang masih tinggal bersama orang tua), dari mulai bangun tidur sampai dengan tidur lagi sepertinya tak ada habisnya pekerjaan yang beliau lakukan. Tengok pula istri Anda, yang tak pernah terlihat santai, pagi-pagi membangunkan seisi rumah (termasuk kucing piaraan juga dibangunkan.. he he , membuat sarapan, lalu beres-beres rumah ( karena tak punya asisten rumah tangga), lalu bergegas dengan terburu-buru pergi kekantor, di mobil masih sempat telponan dengan rekan kerja atau anak buah dikantor, memastikan tugas mereka berjalan dengan baik, agak siang sedikit telpon anak memastikan sudah makan atau belum, ohya ada yang terlewat, menyiapkan baju kantor Anda (suaminya).

Perhatikan pula anak-anak berseragam putih merah yang juga sibuk, anak-anak jaman sekarang hampir dipastikan memiliki kesibukan yang tak kalah dengan orang dewasa. Berangkat sekolah  pagi-pagi sekali (menghindari macet), anak tetangga saya bahkan berangkat sekolah setelah shubuh, pulang sekolah harus les ini dan itu, belum sempat main sudah harus mengerjakan PR. Duh sibuk nian dunia disekitar kita. Kita melakukan aktivitas seperti layaknya meriam yang lepas kendali.
Bahkan ada yang merasa bangga kalau dikatakan sebagai orang sibuk. Jadi predikat sibuk itu sepertinya jadi sebuah kebanggaan.
Kondisi seperti itu yang terus menerus itulah yang menimbulkan tekanan pada mental seseorang, atau bahasa kerennya STRES. Tak heran kalau kemudian kita temui berita bunuh diri artis  muda papan atas belum lama ini, padahal ia dalam puncak karier yang gilang gemilang, secara materi tak berkekurangan.
ME TIME  adalah strategi yang mungkin sangat-sangat sederhana yang bisa menjadi salah satu solusi bagi orang-orang sibuk, untuk yang tidak terlalu sibuk juga tetap diperlukan. Selama ini waktu untuk diri sendiri menjadi prioritas terakhir, sedangkan daftar hal-hal yang harus dilakukan semakin hari semakin panjang, sehingga prioritas menjadi kacau, dan kita semakin sedikit menggunakan waktu untuk menyehatkan batin kita. Maka jarang kita dapati diri kita merasa SEHAT dan DAMAI.
Metode sederhana ini Insya Alloh akan banyak membantu menyehatkan jiwa Anda, Anda akan takjub melihat apa yang akan Anda rasakan setelah mempraktekkannya. Anda akan menjadi lebih power full melaksanakan tugas-tugas Anda, lebih bersemangat mencapai tujuan-tujuan Anda. Jiwa Anda menjadi lebih tenang dan damai.
Anda sudah siap membaca cara-cara yang akan saya ketikkan untuk Anda???
Dan yang lebih penting lagi adalah SIAPKAH Anda melakukannya secara konsisten?????
YUK kita mulai:
  1. Bangunlah 15 belas menit lebih awal dari bangun anda biasanya, carilah tempat yang nyaman menurut Anda. Tempat itu bisa diteras rumah Anda, kamar tidur Anda tau bagian tertentu lainnya di rumah Anda. Nikmati 10 menit awal anda dengan tanpa memikirkan apapun. Nikmatilah tarikan nafas Anda, nikmatilah semilir angin yang menerpa wajah Anda. Jika Anda berada ditempat yang bisa memandang langit atau pemandangan pagi, ucapkanlah syukur atas kebesaraNYA menciptakan mata yang mampu melihat pemandangan tersebut. Nikmatilah lukisan Alloh tersebut, rasakan damainya merasuki jiwa Anda. Anda bisa juga sambil  menikmati  secangkir teh hijau sehat atau smoothy. Tinggalkan gadget anda sementara waktu dan mintalah anggota keluarga untuk tidak mengganggu ME TIME Anda. Bisikan-bisikan pada fikiran Anda, singkirkan sementara.
  2. Lima menit berikutnya berdirilah sambil meregangkan tangan Anda keatas sejauh-jauhnya. Saat tangan meregang keatas hiruplah udara sebanyak-banyaknya melalui hidung. Lalu dengan perlahan ayun tangan anda kedepan sambil menghembuskan nafas perlahan-lahan lewat mulut. Ayunan tangan diikuti pula dengan menekuk lutut Anda. Lakukan setidaknya 20 kali pada latihan pertama. Akan sedikit terasa pegal pada lutut jika Anda termasuk orang yang jaarang olahraga, tapi yakinlah itu hanya sementara. Berikutnya akan terasa nyaman.

SO, Anda kini dapat menikmati waktu bersama diri Anda tanpa mengganggu aktivitas Anda, bahkan tak mengeluarkan biaya tambahan apapun. Menyenangkan bukan???
Bagikan artikel ini kepada saudara, sahabat, kerabat Anda jika dirasa bermanfaat.
Langkah kecil Anda menshare tulisan ini, akan semakin menambah tulisan kebaikan Anda, dengan begitu Anda pun akan semakin mendapatkan cahaya damai dan ketenangan dari Alloh SWT.

Semoga bermanfaat

BE THE BEST PERSON
Mbak Niek


0 comments: