Senin, 21 Desember 2015

TIPS RINGAN PENGHANCUR STRES


bahagia tanpa syarat

Akhir tahun, laporan menumpuk  butuh segera diselesaikan, kalau tidak bos marah…. gawat
Akhir tahun, target gila-gilaan harus dikejar…..
Akhir tahun , tuntutan dari anak-anak mau liburan kesana… kesini..duh
Akhir tahun oh akhir tahun.............

       Tak musti akhir tahun, tak bisa dipungkiri kalau kebanyakan kita merasa lelah dan tertekan  menghadapi tugas-tugas kita, baik sebagai staf, sebagai marketing, pemilik usaha, mahasiswa/i , pelajar atau ibu rumah tangga sekalipun. Saya ingin berbagi kepada Anda beberapa ide yang telah saya lakukan, dan sangat membantu saya meributkan hal-hal yang semestinya tak perlu diributkan, membantu hidup saya menjadi nyaman dan tak banyak keributan. Saya berharp anda dapat measakan manfaatnya seperti saya juga. Semoga tips ini membantu Anda.

  • Buatlah suatu ritual  di pagi atau malam hari , saya menyebutnya SILENT MOMENT, yaitu waktu hening sedikitnya 10 menit  setiap harinya. Duduklah dengan nyaman , bisa sambil menikmati secangkir  teh atau kopi (kalau saya memilih meneguk  air putih hangat ) atau pejamkan mata dan dengarkan murottal  ( bacaan Al-Qur’an ). Atau hanya sekedar bernafas santai dan relaks. Jika Anda memiliki anak, bangunlah sedikit lebih awal, atau bangunlah setelah Anda menidurkan mereka.Tips ini akan menenangkan diri anda, dan sangat membantu  dalam mengendalikan diri
  • Lakukan latihan fisik hampir setiap hari .  saya berjalan kaki setelah subuh setiap  hari, ikut kelas yoga, melakukan peregangan, ikut komunitas olah nafas Tai chi. Bahkan disaat jadwal memberikan training sangat-sangat padat, saya tetap menyelipkan kegiatan tersebut walau hanya sekedar satu gerakan saja. Bukan saja manfaat fisik yang secara menakjubkan kita rasakan, tapi kesehatan dan kejernihan mental  yang dapat kita rasakan, tak bisa digantikan dengan apapun juga.
  • Setidaknya dalam satu hari saya membuka pedoman hidup saya Al-Qur’an, membaca  arti dari beberapa ayat ( secara acak saya membukanya, dan selalu mendapatkan ayat-ayat yang tepat dengan kondisi saya saat itu.
  •  Berendamlah  dengan air hangat, lalu siram kepala anda dengan air sejuk.  Ini adalah cara paling sederhana untuk membangkitkan energi  anda. Kontras antara air hangat yang menyelimuti tubuh dengan air sejuk yang mengalir di kulit kepala sungguh sangat menyegarkan dan nikmat. Seletih apapun,  ketika masuk bak mandi, saya selalu siap melakukan apapun ketika keluar. Apalagi jika ditambahkan dengan aromatherapi yang segar,  seperti green tea.
  •  Jika anda terlalu lama duduk di depan komputer atau meja kerja,  hampir bisa dipastikan mengalami leher tegang, otot punggung kaku dan lelah. Maka setiap satu jam sekali lakukanlah peregangan ringan ini:  berdiri tegak, ulurkan kedua lengan keatas setinggi-tingginya dengan berjinjit. Ulangi beberapa kali. Atur nafas, kemudian bungkukkan punggung anda dan jangkau jari kaki anda, jaga lutut tidak tertekuk, lakukan semampu anda, jangan paksa menyentuh jika tidak mampu, lakukan secara bertahap sedikit demi sedikit sampai suatu saat anda dapat menyentuh jari kaki anda
  •  Luangkanlah waktu untuk membaca buku bagus.  Sekalipun hanya 15 menit dalam sehari akan membuat pengentahuan anda bertambah, dan itu akan menambah energi anda untuk menghadapi hidup.
  • Ketika anak-anak saya bersikap menjengkelkan dan tidak saling rukun , saya tidak serta merta reaktif, dengan santai saya katakan kepada mereka, “mama mau istirahat.” Dan saya benar-benar melakukannya.  Saya memisahkan diri dari mereka dan meminta mereka untuk tidak saling menimbulkan luka permanen  ( alhamdulillah selama ini tidak pernah terjadi hal itu )
  • Lakukan detoksifikasi tubuh. Kesehatan fisik memang bisa sangat berpengaruh terhadap mood kita. Bisa jadi salah satu penyebab rasa tertekan adalah karena kesehatan yang mengganggu fisik kita.  Karena jaringan sel tubuh yang mengandung racun lebih sulit menciptakan perasaan bahagia dan puas. Cobalah seperti yang saya lakukan, selama tiga hari saya membersihkan tubuh saya dengan hanya menyantap buah, sayuran dan  jus buah segar . dan ini membantu saya untuk lebih mudah menghentikan siklus  kebiasaan makan tidak sehat.

         Saya rasa tips-tips ini sangat sederhana dan siapapun dapat mempraktekkannya. Praktekkan satu atau dua tips setiap hari, Insya Allah dapat menimbulkan perubahan besar pada tingkat stres Anda. Yuk mencobanya, ajak saudara dan teman-teman Anda untuk mempraktekkan ini agar bisa saling mengingatkan dan menguatkan. Bagikan cerita Anda kepada saya  melalui kolom komentar di bawah ya setelah mempraktekkan tips-tips ini. Apa yang anda rasakan??? Saya senang dapat bersama-sama dengan Anda merubah hidup kita menjadi lebih enjoy. ;)


Be The Best Person
Nikmah Nursyam




0 comments: