Selasa, 28 Mei 2013

PANTASKAN DIRI


               Disuatu pagi yang sejuk, sebuah pesan singkat yang tidak singkat masuk ke ponsel saya.

“mbak Niek, akhir-akhir ini saya merasa tidak bergairah menghadapi hidup. Sepertinya Tuhan belum mau berpihak pada saya. Nasib baik masih enggan menghampiri saya mbak. Sepuluh tahun saya merintis usaha, tapi sampai tahun kesepuluh belum ada perubahan berarti dalam usaha saya, jalan ditempat. Sementara teman-teman saya sudah jauh melesat. Apa yang harus saya lakukan mbak?”
                Dikesempatan lain sebuah email dari salah satu pendengar saya di radio saya terima,

“Hidupku kacau banget mbak, hari-hari orangtuaku mendesakku untuk menikah. Aku perempuan mbak, usiaku memasuki usia yang lumayan matang (46 tahun). Belum lagi cemoohan teman-teman kantor yang bilang, aku gak laku lah… aku kena kutuk lah…aku dipagari lah, pokoknya gak enak sekali mbak. Itu baru satu masalahku mbak, belum yang lainnya. Kadang aku benci dengan hidupku ini. Apa yang bisa aku lakukan mbak. Mohon advicenya.”
 
                Pembaca The Best, mungkin Anda pernah merasakan seperti dua pengalaman diatas atau mirip-mirip? Atau anda pernah bertemu dengan rekan atau saudara atau kenalan Anda yang sedang mengalami hal tersebut? Setiap orang pasti mendambakan kehidupan yang mulus, lurus tanpa halangan dan rintangan, Segala sesuatu berjalan sesuai rencana dan cita-cita kita. Mungkinkah? Owwh, sepertinya tidak mungkin itu terjadi. Allah SWT akan menguji kita dengan kejadian-kejadian yang tidak sesuai keinginan kita. Allah SWT juga menurunkan teguran, bahkan azab bagi sebagian yang lainnya berupa kejadian-kejadian yang tak mengenakkan. Dan kemudian kita menganggapnya sebagai masalah atas kejadian-kejadian tersebut.
                Bagi sebagian orang yang diilhami kebijaksanaan, maka ia akan segera tersadar dan memperbaiki diri. Akan tetapi sebagian yang lainnya merasa ini tidak adil dan menyalahkan yang bisa ia salahkan, termasuk menyalahkan Allah SWT.  
Lalu apa yang harus dilakukan untuk dapat keluar dari belenggu masalah dan terhindar dari sikap menyalahkan? Karena sikap menyalahkan tidak dapat merubah keadaan buruk menjadi baik.
Anda mungkin akan tercengang, membaca sebuah kalimat yang akan saya tulis dibawah ini. Sebuah kalimat pendek yang bisa membawa Anda pada kualitas hidup yang tinggi yang kemudian dapat mengeluarkan diri Anda dari masalah demi masalah yang Anda temui.

PANTASKAN DIRI! Dua kosakata yang singkat bukan?
Allah SWT akan memberikan kehidupan yang Indah disetiap segi kehidupan, baik kesehatan, keuangan, rumah tangga, karier dan lain sebagainya kepada hamba-hambanya yang memantaskan diri dengan baik. Sehingga masalah bukanlah masalah, problema bukanlah problema bagi yang selalu memantaskan diri. Wadah yang besar akan cukup untuk isi yang besar, wadah kecil hanya cukup untuk isi yang kecil-kecil. So, Seperti apa dan bagaimanakah memantaskan diri itu?

1.       Sesuaikan kualitas diri dengan cita-cita hidup Anda
Seperti ketika kita membeli sepatu, pasti kita akan mencari ukuran yang cocok dengan kaki kita. Sebagus apapun merknya, semahal apapun harganya, menjadi tidak bermanfaat jika sepatu itu berbeda ukuran dengan kaki kita. Demikian juga dengan diri kita, Allah akan karuniakan segala sesuatu yang bersesuaian dengan diri penerimanya. Perhatikan diri Anda sudah pantaskah Anda menerima kelimpahan NikmatNYA? Apakah Anda sudah bersungguh-sungguh mempelajari bidang minat Anda? Apakah Anda telah sungguh-sungguh menambah kapasitas skill Anda? Kalau belum maka segera naikkan kualitas diri Anda, minimal 1 % saja satu hari, niscaya akan menjadi 100% di hari ke 100. Apakah Anda sepakat dengan saya?

2.       Mendekatlah secara sungguh-sungguh pada SUMBER KEMULIAAN
Allah SWT adalah Sumber dari Sumber kemuliaan, di TanganNYAlah terletak kehendak untuk memuliakan atau menghinakan hambaNYA. Mulailah bersungguh-sungguh mendekat pada Allah dengan menjaga kualitas ibadah Anda, dengan menghindari dosa-dosa baik kecil maupun besar, perbanyaklah mengingatNYA disetiap aktivitas Anda. Maka Anda akan dijagaNYA, bagi Anda akan mudah meminta apapun dariNYA, saat anda dengan DIA tidak ada penghalang.


Semoga Bermanfaat

BE THE BEST PERSON

follow mbakniek @nikmahnursyam

0 comments: