Jumat, 06 Desember 2013

I GET THE POWER 1

Wajahnya kusut, duduk dideretan panjang kursi tunggu Costumer Service di sebuah bank Nasional ternama.  Entah kenapa saya sangat ingin mengetahui apa yang dipikirkan ibu setengah baya yang duduk bersebrangan denganku. Dari kegelisahan yang terpancar dari raut wajahnya, menyiratkan sesuatu sedang terjadi pada ibu tersebut. Sebentar-sebentar beliau menguap, benar-benar kusut, make up diwajahnya tidak mampu menutupi kegelisahannya. Aku mulai beringsut mendekatinya, berharap  lelaki yang duduk dikursi sebelah ibu itu segera dipanggil  Alhamdulillah, doa saya terkabul. Lelaki muda itu berdiri memenuhi panggilan costumer service.
“Assalamu’alaikum bu….” aku mulai menyapanya dengan salam, ibu yang aku taksir berusia sekitar 40 an itu agak kaget mendengar salamku. Hmmm…beliau melamun batinku.
“oh..wa’alaikumussalam….”jawabnya agak terbata.
“Nomor, antrian berapa bu?” lanjutku lagi
“sembilan puluh enam dek.”sahutnya mulai rileks, sambil menunjukkan struk nomor antrian padaku
“adek?”
“Saya nomor sembilan puluh sembilan bu.” Sayapun menunjukkan struk nomor antrian saya, Alhamdulillah sekarang baru antrian ke 40, ada banyak kesempatan untuk ngobrol dengan ibu ini, pikir saya.
Aku mulai mengatur percakapan,  memulai dari hal-hal yang ringan dan lucu sampai beliau merasa nyaman bercakap-cakap denganku.
“Ibu capek!” Aku mulai berhasil memancing keruwetannya,”rasanya berat hidup ini.” Keluhnya, sebuah beban seperti menggelayut  dibahunya. Dan benar saja, beberapa menit  kemudian mengalirlah sebuah cerita yang mengharukan. Kutahan airmataku agar tidak menetes seperti beliau.  Beberapa nasabah menengok ke kami. Heran.
***


Pembaca The Best, setiap kita tidak akan pernah lepas dari masalah. Siapapun diri kita saat ini, entah orang biasa-biasa saja atau orang yang luar biasa tetap saja akan diuji oleh Allah SWT dengan masalah demi masalah, ujian demi ujian. Apakah karena anda dari keluarga yang sangat kaya, lalu kemudian bisa terbebas dari masalah? Tidak! Apakah karena anda mendapatkan pendidikan yang terbaik, dari mulai sekolah dasar sampai dengan perguruan tinggi, kemudian anda dapat terbebas dari masalah. Tidak juga!

Hidup menyodorkan terlalu banyak  persoalan-persoalan yang oleh sebagian orang dianggap tidak mudah atau terlalu sulit untuk diselesaikan. Tak sedikit orang yang kemudian merasa  tak  mampu dan kalah. JUga ada yang menyikapinya dengan santai dan tenang-tenang saja. Bagi  orang yang mampu  menjadikan masalahnya ringan, BERES.
Lalu Bagaimana dengan kita-kita yang merasakan betapa beratnya persoalan-persoalan hidup ini? Terasa sesak didada, seperti yang dialami oleh ibu setengah baya itu. Hari-harinya penuh dengan ratapan dan penyesalan akan musibah yang diturunkan Allah SWT terhadapnya. Hingga akhirnya timbullah penyakit-penyakit mental, yang penyembuhannya tidak bisa melibatkan para medis. Anda tidak bisa datang kerumah sakit untuk mengeluhkan, sakit Anda itu. Penyakit-penyakit apakah itu? Apakah ada pengaruhnya dalam hidup kita?
Yah…namanya juga  penyakit,  khususnya penyakit mental ya pasti punya pengaruh dong …dan dapat dipastikan  pengaruhnya  adalah pengaruh-pengaruh buruk. Diantara penyakit-penyakit mental tersebut adalah:
1.       Iri dan dengki
2.       Ketakutan-ketakutan
3.       Perasaan Tidak percaya diri
4.       Dendam
5.       Pribadi tak bertanggung jawab
6.       Marah
7.       kecewa

Poin-poin diatas hanyalah sedikit dari contoh-contoh  penyakit mental yang timbul akibat salah dalam mensikapi persoalan-persoalan hidup. Dan masih banyak lagi penyakit-penyakit  mental lainnya, saya persilahkan anda untuk  menambahkan sendiri dengan mengamati diri anda sendiri, keluarga anda, sahabat-sahabat anda dan lingkungan sekitar anda.
Mengalahkan virus-virus dari penyakit itu adalah tugas anda, karena  dokter tidak lagi punya otoritas untuk itu. Pihak luar tidak dapat mempengaruhi berhasil atau tidaknya dalam mengalahkan virus-virus  tersebut.  Maka perjuangan  anda tak dapat dielakkan lagi dan tak bisa diwakilkan pada pihak manapun. Nah apakah Anda siap mengalahkan virus-virus penimbul penyakit dalam diri Anda?

Siapkah Anda menjadi pahlawan untuk kemerdekaan diri Anda?  Mengibarkan bendera kemenangan untuk kemuliaan diri dan kemuliaan orang banyak dilingkungan anda, karena anda telah terbebas dari belenggu-belenggu penyakit  berbahaya, lebih berbahaya dari penyakit fisik,lebih berbahaya dari penjajahan fisik dan lebih berbahaya dari kerusakan fisik sekalipun.

Nah antivirusnya ditunggu diartikel selanjutnya.......

semoga bermanfaat

BE THE BEST PERSON


jika Anda rasa artikel ini bermanfaat, silahkan dishare kepada sahabat atau keluarga Anda, melalui ini  nih:

0 comments: