Sabtu, 28 Desember 2013

APAKAH KEBAHAGIAAN ADALAH RAHASIA MENUJU KESUKSESAN?

Artikel ini saya terjemahkan dari sebuah artikel bagus yang ditulis oleh seorang peneliti dari Harvard University, SHAWN ACHOR yang berjudul: IS HAPPINESS THE SECRET OF SUCCESS???


Beberapa orang berpikir apabila Anda senang, maka Anda akan buta terhadap kenyataan. Tapi ketika kami meneliti hal tersebut, kebahagiaan justru memunculkan setiap bisnis tunggal dan hasil pendidikan bagi otak. Mengapa kita bisa salah persepsi seperti ini? Mengapa kita  salah dalam memahami KEBAHAGIAAN? Jawabannya adalah karena kami (peneliti menganggap Anda sebagai orang rata-rata).

Para ilmuwan sering tertarik melakukan penelitian terhadap yang rata-rata, maka lumrah saja jika hasilnya ya rata-rata.

Banyak orang berpikir bahwa kebahagiaan adalah genetik. Itu hanya setengah cerita, karena rata-rata orang tidak melawan gen mereka. Ketika kita berhenti belajar rata-rata dan mulai meneliti orang yang berada di atas rata-rata untuk dimensi positif seperti optimisme atau kecerdasan maka otak kita akan memunculkan gambar yang sangat berbeda. Dan akan sangat berpengaruh terhadap  KEBAHAGIAAN dan KESUKSESAN.

Secara ilmiah, kebahagiaan adalah sebuah pilihan. Ini adalah pilihan tentang di mana otak sebagai prosesor tunggal Anda akan mencurahkan sumber daya yang terbatas sebagaimana Anda memandang dunia. Jika Anda memindai untuk pertama negatif, otak Anda benar-benar tidak memiliki sumber daya yang tersisa untuk melihat hal-hal yang Anda syukuri  atau yang anda maknai terhadap pekerjaan anda. Tetapi jika Anda memindai dunia untuk positif, Anda mulai untuk menuai keuntungan yang luar biasa.

Sebuah  penelitian dalam dunia bisnis membuktikan bahwa kebahagiaan menimbulkan hampir setiap bisnis dan hasil pendidikan: meningkatkan penjualan sebesar 37%, produktivitas sebesar 31%, dan akurasi pada tugas-tugas sebesar 19%, serta segudang kesehatan dan kualitas perbaikan kehidupan.

Mengingat  sebelum pernah ada yang menghubungkan secara langsung hubungan antara kebahagiaan dan hasil bisnis, hingga timbul pertanyaan apakah kebahagiaan TIDAK bisa berkontribusi untuk perusahaan. Maka berdasarkan penelitian ini, jelaslah dan seharusnya, Pertanyaan pertama adalah: Apa yang dapat saya lakukan dalam hidup saya sendiri untuk menuai keuntungan dari kebahagiaan?


Maka sangat penting  agar kita mulai Melatih otak kita untuk menjadi positif  dalam aktifitas kita, dan itu sama seperti melatih otot-otot Anda di gym. Kedengarannya sederhana, bukan? Nah, pikirkan betapa mudahnya untuk membuat diri Anda pergi ke gym. Dan Kunci utamanya adalah  adalah membuatnya menjadi kebiasaan. Penelitian baru pada neuroplastisitas - bahw otak memiliki kemampuan untuk berubah bahkan sekalipun Anda sudah dewasa - yaitu saat Anda membuat "kebiasaan hidup."

Dalam The Advantage Happiness, Shawn Achor menantang pembaca untuk melakukan satu latihan positif singkat setiap hari selama 21 hari. Hanya melalui perubahan perilaku  sebuah informasi menjadi transformasi.

• Tuliskan tiga hal baru yang Anda syukuri setiap hari;

• Menulis selama dua menit sehari yang menggambarkan salah satu pengalaman positif Anda dalam seharian ;

• Latihan selama 10 menit setiap hari;

• Renungkan selama dua menit, berfokus pada napas Anda akan masuk dan keluar;

• Menulis dengan cepat cepat sebuah email di pagi hari, ucapan terima kasih, atau memuji seseorang di jejaring  sosial kepada sahabat, guru, murid atau keluarga Anda.


Kebahagiaan menyebabkan perubahan jangka panjang yang positif dihitung.


Mitos budaya terbesar dalam masyarakat modern adalah bahwa kita tidak bisa berubah. Penelitian saya membuktikan bahwa Anda tidak bisa hanya menjadi lebih positif, tetapi jika Anda memprioritaskan kebahagiaan di masa sekarang, Anda dapat menuai keuntungan yang luar biasa.



Semoga bermanfaat


0 comments: