Jumat, 24 Januari 2014

BAGAIMANA MENGATASI DEPRESI DAN MENGUBAH HIDUP

DEPRESI?????
"Ih amit-amit"
"Jangan sampe deeech."
"whuuuu... sereeem, ga la ya."
Dan beragam jawaban lainnya ketika saya menanyakan pertanyaan: Pernah Depresi??

***
Depresi memang memiliki dampak negatif pada hidup kita, padahal Depresi adalah perasaan yang  biasa dialami oleh setiap orang pada satu masa dalam kehidupan kita.
Perasaan-perasaan  seperti kesedihan, kekhawatiran, dan frustrasi merupakan perasaan-perasaan yang umum dirasakan oleh banyak orang, Anda juga mungkin saat ini sedang mengalaminya. Dan merupakan suatu hal yang wajar jika anda merasa kecewa setelah mengalami kegagalan, sedih, perpisahan atau kehilangan. Akan tetapi menjadi tidak wajar jika perasaan-perasaan tersebut berlama-lama mendekam dalam diri dan dalam keseharian kita.
Karena ketika perasaan semacam ini terus menerus muncul, bertahan lebih dari dua minggu, dan mulai mengganggu kegiatan sehari-hari kita, pekerjaan, diet, tidur dan hubungan kita; maka kemungkinan besar kita mengalami depresi dan kita harus menemukan cara untuk mengatasinya.
Dan yang harus kita pahami bahwa karakteristik utama depresi adalah perasaan negatif dan kesedihan yang sangat mendalam dan terjadi dalam waktu yang lama.

Apa sih Gejala-Gejala Utama Depresi?

- Duka berkepanjangan
- Stamina rendah dan sering merasa letih
- Bertambah atau berkurangnya nafsu makan
- Bertambah atau berkurangnya keinginan untuk tidur
- Stress, cepat marah dan frustrasi
- Tidak ada hasrat seksual
- Tidak memiliki harapan terhadap masa depan

Ada beberapa Penyebab Utama Depresi yang harus kita ketahui:

Kurang Berpikir Positif

Kita bisa sangat mudah mengidentifikasi orang yang kurang Berpikir Positif. Perhatikanlah diri Anda, jika setiap kejadian Anda bereaksi negatif, lalu berkeluh kesah, maka itu pertanda Anda kurang berpikir positif. Dan itu adalah salah satu pemicu timbulnya Depresi dalam diri Anda.
Bagi orang yang kurang berpikir positif, setiap kejadian dilihatnya dari kacamata negatif. Melihat masalah bukan pada solusinya tapi berfokus pada penderitaannya.
Maka berhati-hatilah jika Anda termasuk orang yang begini, maka Anda memiliki kecenderungan MUDAH DEPRESI... Heeehhh.. Gawat Ya.

Kurangnya Rasa Percaya Diri

Pesimis memandang diri sendiri dan kurang menghargai dirinya sendiri. Orang seperti ini biasanya selalu melihat orang lain yang lebih hebat darinya lalu memandang rendah dirinya sendiri. Merasa diri tak berharga, tak memiliki apa-apa yang bisa dibanggakan. Merasa diri lemah dan tak bisa berbuat apa-apa.

Lebih memperhatikan kesalahan

Setiap diri pasti pernah melakukan kesalahan dalam kehidupan, karena tidak ada manusia yang sempurna. Nah, jika kita lebih sering memperhatikan kesalahan tapi karena untuk meratapi diri, berhati-hatilah, karena itu bisa jadi penyebab Depresi.

Merasa Tertekan dengan Berbagai Kewajiban Dalam Hidup

No ACTION. Begitulah biasanya orang-orang yang berada dalam kondisi ini. Persoalan hidup hanya ia pikirkan saja, tak mencari solusi, tidak action. Ada kewajiban membayar hutang, ia pikirkan mendalam, ada kewajiban membayar uang sekolah anak- ia pikirkan mendalam, pokoknya serba dipikirkan mendalam dan tidak segera berbuat. Hati-hati jika Anda kebanyakan memikirkan kewajiban-kewajiban Anda tapi tak segera mencari solusi, karena Anda akan tertekan dan DEPRESI.

Merasa tak Berdaya

Apapun yang dialami, dipandangnya sebagai masalah yang melemahkan dirinya, yang membuatnya tak berdaya. Tidak ada yang bisa membuatnya Puas, apapun yang didapatinya, sekalipun itu adalah kebaikan. Mereka sebenarnya mampu menjadi lebih baik, tapi tak mua melakukannya.
Mereka memiliki sumber daya yang cukup, tapi sumber daya itu tertutupi dengan pesimisme mereka.
Mereka bahkan tak berharap suatu keadaan akan membaik.
Mereka menikmati ketidakberdayaannya, karena dengan begitu orang akan iba kepadanya.

Nah, kita sudah mengetahui penyebab DEPRESI, kini kita coba pelajari Bagaimana Kita Mengatasi Depresi

Walaupun Anda dapat langsung datang kepada Spesialis, tapi ada baiknya Anda mencoba menyelesaikannya sendiri. Kenapa? Selain karena mahalnya biaya therapy, yang lebih penting dari itu, karena yang mengetahui diri kita adalah diri sendiri.

1.Terima Diri Anda Sendiri beserta dengan Kelemahannya

Setiap diri dianugrahi kelebihan dan kelemahan. Menerima kelebihan sudah pasti mudah, namun menerima kekurangan hampir bisa dipastikan tidak semudah menerima kelebihan. Belajarlah menerima kelemahan diri, lalu konsentrasikan diri pada hal-hal yang mampu Anda lakukan, sekecil apapun, sesepele apapun.
Dengan sikap menerima, Anda akan mendapatkan kelapangan hati, dan kelapangan hati itulah jalan untuk sembuh dari Depresi. Jangan memaksakan diri untuk segera selesai, nikmatilah prosesnya dan pelajarilah apa yang bisa anda petik dari apa yang Anda alami.

2. Kenali Pikiran-Pikiran dan Perasaan Negatif Anda

Pilihlah waktu yang tenang, lalu perhatikanlah pikiran-pikiran dan perasaan-perasaan negatif dalam diri Anda, lalu tulis pikiran-pikiran dan perasaan negatif tersebut dalam sehelai kertas. Bertekadlah untuk menguranginya dan gantikan dengan pikiran-pikiran positif. Langkah lanjutannya. Remas kertas yang berisi pikiran dan perasaan negatif tersebut, sebagai simbol Anda telah mengakhiri  pikiran-pikiran juga perasaan-perasaan negatif tersebut dari diri Anda.

3. Tumbuhkan Perasaan Cinta

Hati yang penuh CINTA akan terhindar dari penyakit-penyakit iri, dengki, hasad, hasud dan sombong. Penyakit-penyakit itu juga menjadi penyumbang besar terjadinya Depresi pada diri seseorang. Pupuklah rasa CINTA yang positif pada sesama kita. Mulailah dengan mendoakan orang-orang terdekat Anda, tetangga, orang yang memusuhi Anda dan orang yang bahkan tak Anda kenal. Kirimkan sinyal CINTA keseluruh penjuru Bumi. Mereka semua adalah saudara kita, sesama penghuni planet Bumi.

4. Mendekat Pada Zat yang Maha Pemberi KETENANGAN

Inilah langkah yang paling penting. Sekalipun Anda datang kepada Ahli paling Ahli sekalipun, jika Anda tak melibatkan Allah SWT, maka upaya yang dilakukan tidak mendatangkan keberkahan. Bahkan bisa jadi tidak mendatangkan hasil seperti yang diharapkan. Bila masih terasa berat melakukan aktifitas Ibadah mendekatkan diri pada Allah SWT, ajaklah sahabat untuk membantu mendorong Anda agar lebih bersemangat. Hadiri ceramah-ceramah agama.


Semoga Bermanfaat

BE THE BEST PERSON

0 comments: