Senin, 13 Januari 2014

MEREMEHKAN ORANG LAIN.............................

Mrs. Phillips, YOU WERE WRONG”

Kalimat tersebut adalah judul buku yang ditulis oleh Peter J Daniels, bocah yang divonis bodoh, tak berbakat dan tidak mungkin bisa sukses dalam hidupnya.
Ucapan penuh emosi yang dilontarkan oleh guru Sekolah Dasarnya, ketika ia duduk dibangku kelas 4 (empat)

“Peter Daniel, kamu sama sekali tidak bagus, kamu adalah apel busuk dan kamu tak akan pernah menjadi orang yang berarti.” Begitu kira-kira kata-kata dari bu guru pada bocah laki-laki kecil yang sampai diusianya yang ke 26 tahun masih buta huruf. Kata-kata itu mengiang-ngiang ditelinganya, membuahkan sakit hati dan semangat untuk membuktikan bahwa kelak ia akan menjadi seseorang yang dapat dibanggakan. Dan bahwa apa yang diucapkan gurunya adalah SALAH BESAR.
***


Dimasanya, Peter Daniels  adalah seorang pengusaha sukses, pembicara internasional, penulis buku dan lainnya. Dia bahkan menulis buku khusus yang ia persembahkan untuk guru yang telah mencemoohnya sebagai jawaban atas kalimat cemoohan sang guru. “Mrs. Phillips, YOU WERE WRONG” (Bu, Phillips Anda SALAH)

Anda mungkin pernah mengalami kurang lebih perlakuan seperti itu, seperti juga saya yang dulu saat duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) pernah dipermalukan oleh seorang guru di didepan kelas, di depan 40 siswa di kelas saya. Maka saya dapat merasakan bagaimana perasaan Peter J Daniels saat guru mengucapkan kata-kata menyakitkan itu.
Kesalahan  besar yang sering dilakukan oleh  kita adalah sikap, kata-kata maupun perbuatan meremehkan orang lain. Bahkan itu dilakukan oleh manusia mulia yang punya peran penting dalam pendidikan anak, yaitu GURU dan ORANGTUA. Kita seering menganggap bahwa orang biasa-biasa tak akan bisa menjadi orang yang LUARBIASA.  Sering timbul Arogansi sikap manakala kita melihat orang yang lebih rendah dari kita, atau tak seberuntung kita saat ini. Perhatikanlah, apakah Anda termasuk dalam jenis manusia yang suka meremehkan orang lain. Dari yang kecil-kecil saja, saat  anggota keluarga ANda membantu pekerjaan ANda tapi tak sesempurna yang Anda inginkan hasilnya. Bagaimanakah sikap Anda? Tetapkah ucapan terima kasih Anda lontarkan? Atau menampakkan wajah masam karena kecewa, lalu berdecak tak mengenakkan?  

Sahabat The Best, jangan Lihat darimana seseorang berasal tetapi kemana orang tersebut menuju, karena tujuannya-lah yang sering mencengangkan dunia.
Terbukti dari 97% orang tersukses dan terkaya di dunia dahulunya pernah dikerdilkan oleh teman, guru, bahkan olehkeluarganya sendiri.

ssemoga bermanfaat

BE THE BEST PERSON



0 comments: